HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tim Relawan Federasi Ranger Aceh Bantu Korban Gempa Pidie Jaya

4

HARIANACEH.co.id, BANDA BARU — Tim Relawan dari Federasi Ranger Aceh (FRA) bertolak ke lokasi bencana gempa di Pidie jaya, Kec. Bandar Baru, Kemukiman Cubo, Desa Kayee Jato dan Desa Blang Sukon untuk melakukan tanggap bencana, Kamis (8/12/2016).

Dari laporan yang diterima HARIANACEH.co.id, masing-masing Tim Relawan Federasi Ranger Aceh (FRA) yang bergerak dari Banda Aceh berjumlah 10 orang dan dari Pidie 12 orang, sementara 4 orang lainnya sudah terlebih dahulu berada di lokasi bencana untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan.

Kepada HARIANACEH.co.id, Ketua Tim Relawan Federasi Ranger Aceh, Rahmat menyebutkan bahwa dalam melakukan tanggap bencana ini, Tim Federasi Ranger Aceh ikut membantu masyarakat mendirikan tenda darurat sebagai tempat ibadah shalat Jumat, karena Masjid yang berada di Desa Kayee Jato rubuh akibat guncangan dahsyat gempa 6,4 SR yang terjadi pada Rabu pagi (7/12/2016).

“Kami di lapangan saat ini berusaha secara maksimal membantu warga masyarakat mendirikan tenda-tenda darurat sebagai sarana ibadah, khususnya untuk ibadah shalat Jumat kemarin,” tuturnya kepada wartawan HARIANACEH.co.id, Oviyandi M. Nur.

Rahmat juga menambahkan, selain itu Tim Federasi Ranger Aceh juga melakukan distribusi langsung logistik berupa makanan dan kebutuhan bayi serta kebutuhan orang dewasa ke posko induk di Desa Kayee Jato dan posko induk Desa Blang Sukon.

Dari amatan wartawan HARIANACEH.co.id, Oviyandi M. Nur, Tim Relawan FRA juga langsung ikut melakukan evakuasi, membersihkan infrastruktur umum seperti sekolah-sekolah dan Meunasah. Dari hasil assessment pendataan sementara di Desa Kaye Jato, Desa tersebut berpenduduk 1.410 jiwa dengan jumlah KK 403.

Rahmat juga menambahkan, laporan sementara jumlah korban luka kritis mencapai 5 orang, luka ringan 8 orang. Sementara jumlah kerusakan infrastruktur yang tergolong rusak berat ada 40 rumah, rusak ringan 179 rumah, rusak sedang berjumlah 37 rumah dan rusak total 3 rumah.

“Sementara ini total korban kritis 5 orang, luka ringan 8 orang. Kerusakan infrastruktur yang tergolong rusak berat berjumlah 40 rumah, rusak ringan 179 rumah, rusak sedang ada 37 rumah dan yang rusak total berjumlah 3 rumah,” urainya.

Selanjutnya dari hasil assessment di Desa Blang Sukon, Desa ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.511 jiwa dengan jumlah KK 385. Dengan jumlah korban meninggal 3 orang, kritis 6 orang dan luka ringan 16 orang.

“Kerusakan infrastruktur berjumlah 15 rumah yang kondisinya ambruk total, rusak berat berjumlah 40 rumah dan rusak ringan 66 rumah.”

Saat ditanyai wartawan HARIANACEH.co.id, Oviyandi M. Nur soal dana bantuan yang sudah dikumpulkan oleh Tim Relawan Federasi Ranger Aceh, Rahmat menyebutkan jumlah Donasi yang berhasil terkumpul saat ini berjumlah Rp. 19.097.502.

“Saat ini kami masih terus menunggu uluran bantuan dari siapapun, baik berupa uang ataupun lainnya, dan saat ini jumlah donasi yang sudah terkumpul dan sudah didistribusikan langsung berjumlah Rp. 19.097.502,” tuturnya.

Tim Relawan Federasi Ranger Aceh akan terus mengumpulkan donasi sampai tanggap darurat bencana gempa Pidie Jaya selesai.[]

Editor: ipuL Hayat

loading...