HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Gunakan Tips Aman Ini Saat Liburan Ke Negara Lain

4

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Mimpimu selama ini adalah menjelajah tempat eksotis di negara-negara indah yang kebetulan menggunakan bahasa ibu yang berbeda dan sama sekali tidak kamu kuasai. Tetap tenang dan persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Namun trik di bawah ini bisa Anda pakai.

1. Pelajari dasarnya

Bukan berarti kamu harus menguasai bahasa Spanyol dalam 2 minggu, namun mengetahui beberapa kalimat percakapan yang kerap digunakan sehari-hari setidaknya dapat mengurangi jarak yang ada. Kalimat-kalimat seperti, “Berapa harganya?”, “Bagaimana cara pergi ke tempat A?”, sampai “Apakah kamu bisa berbicara dalam bahasa Inggris?” dapat membuat kamu lebih tenang daripada tidak punya persiapan nol.

2. Unduh aplikasi penerjemah

Idiom teknologi memudahkan segalanya, semakin teruji. Kamu cukup mengunduh aplikasi penerjemah, seperti Google Translate, Ultralingua, atau lainnya di gawai pintar. Hasil terjemahannya mungkin tidak 100% akurat, namun setidaknya mereka sudah melakukan tugasnya dan kamu sudah melangkah lebih dekat ke tujuan.

3. Jangan remehkan kekuatan telunjuk

Telunjuk kamu punya kekuatan magic, khususnya untuk menu di restoran, lokasi di peta, atau lainnya. Telunjuk menjadi alat ampuh yang menunjukkan kekuatan bahasa tubuh. Namun untuk menghindari salah paham, ada baiknya kamu mempelajari bahasa tubuh yang wajar dipakai di suatu negara. Siapa tahu, kamu malah dianggap tidak sopan ketika menunjukkan jari telunjuk.

4. Sewa guide lokal

Tips ini jelas paling aman dan nyaman, meski belum tentu cocok di tiap jenis traveler. Kalau kamu masih nyaman dengan guide berupa buku dan peta, jangan salahkan diri juga. Asal, pastikan sudah melakukan reservasi apa-apa yang bisa secara online dari tempat asal. Misal, kendaraan selama di sana, tiket pertunjukan, dan lain sebagainya.

5. Bersikap baik

Sederhana, namun akan membawamu ke mana-mana. Bersikap baik di mana pun kamu berada apalagi di tempat baru, akan menuntunmu pada teman baru yang siap membantu. Ingat, mampu menekan ego adalah ciri traveler sejati.[]

loading...