HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jelang Pertemuan The Fed, USD Bergerak Lebih Tinggi

5

HARIANACEH.co.id, TOKYO — Dolar bergerak lebih tinggi pada Senin menjelang pertemuan Federal Reserve atau the Fed yang diperkirakan akan memutuskan untuk kenaikan tingkat suku bunga acuan. Sedangkan euro tetap berada di bawah tekanan setelah Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) bergerak dovish.

Bank Sentral AS secara luas diperkirakan akan menaikkan tingkat suku bunga acuan untuk pertama kalinya pada 2016 di pertemuan dua hari yang dimulai pada Selasa mendatang. Bahkan, para investor tengah menunggu untuk melihat apakah pembuat kebijakan mengambil nada lebih hati-hati terhadap perekonomian.

Investor akan mengamati proyeksi ekonomi oleh the Fed untuk tanda-tanda perubahan ekonomi menyusul kemenangan mengejutkan Donald Trump dalam Pemilihan Presiden AS pada 8 November lalu. Hal itu penting untuk melihat dan mencermati pergerakan ekonomi guna mencapai hal-hal yang menguntungkan.

“Seperti yang telah kita katakan bahwa itu bukan apa yang dipikirkan oleh the Fed tapi apa yang mereka katakan,” kata Ahli Strategi Mata Uang Brown Brothers Harriman Masashi Murata, seperti dikutip dari Reuters, Senin (12/12/2016).

Investor terus membangun posisi agar gerak USD bisa panjang pada ekspektasi inflasi yang lebih tinggi dengan peningkatan belanja infrastruktur di bawah Pemerintahan Trump. “Bagian dari posisi ini juga musiman, karena beberapa pemain mencoba untuk mengumpulkan posisi USD lebih lama menjelang liburan Natal,” jelas Murata.

Spekulan meningkatkan taruhan positif pada USD selama seminggu berturut-turut sampai 6 Desember, mendorong aksi beli bersih tertinggi sejak awal Januari, menurut perhitungan Reuters dan data dari Commodity Futures Trading Commission yang dirilis pada Jumat.

USD naik tipis 0,1 persen menjadi 115,43 ¥ JPY = yang sebelumnya menyentuh ¥ 115,55, puncaknya paling tinggi sejak Februari. Euro tergelincir 0,2 persen menjadi USD1,0541 EUR =, bergerak lebih dekat ke tingkat USD1,0505 yang akan menandai titik terendah dalam sekitar 21 bulan.[]

loading...