HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mar’ie Muhammad “Mr Clean”

6

HARIANACEH.co.id —Lahir di Surabaya pada tanggal 3 April 1939. Gelar terakhir yang diraih adalah Master of Arts in Economics, dari Universitas Indonesia.

Perjalanan karir di Kementerian Keuangan dirintis sejak tahun 1969. Riwayat pekerjaannya dari tahun 1969 – 1972 diantaranya bekerja di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Kementerian Keuangan dan pernah menjadi anggota Dewan  Perwakilan Rakyat Gotong Royong pada tahun 1971. Pada tahun 1972 -1988 mengabdi di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Kementerian Keuangan dengan jabatan terakhir sebagai Direktur. Tahun 1988-1993 menjadi Direktur Jenderal Pajak.

Ia dijuluki Mr. Clean karena perjuangannya memberantas korupsi di lingkungan Kementerian Keuangan. Disamping itu, ia juga berupaya meningkatkan efisiensi dan  berusaha membersihkan institusi dari pegawai yang korupsi.

Pada 17 Maret 1993, Mar’ie Muhammad diangkat oleh Presiden Soeharto untuk menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Pembangunan VI. Tindakan nyata yang dilakukan adalah menolak dana taktis dan anggaran perjalanan dinas yang dinilai terlalu besar.

Kebijakan menonjolnya selama menjadi Menteri Keuangan adalah upaya mengatasi kredit macet dengan 4 (empat) jurus penyehatan Bank yakni 1) Meningkatkan kolektibilitas kredit yang telah disalurkan, 2) Pemberian kredit harus benar-benar berdasarkan kaidah perbankan yang sehat, 3) Setiap  kredit yang diberikan harus benar-benar diawasi penggunaannya tanpa mencampuri masalah intern  penerima kredit dan 4) menurunkan biaya overhead.

Selama 5 tahun menjadi Menteri Keuangan, pada awal tahun 1997 Indonesia pernah menjadi pelopor di Asia Tenggara dalam bidang perekonomian.[]

loading...