HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Review Final Fantasy XV yang Mengagumkan!

9

HARIANACEH.co.id — Selama 10 tahun, gamer konsol PlayStation menunggu kehadiran Final Fantasy XV. Waktu pengembangan yang dibutuhkan memang tidak sebentar, dan Square Enix berusaha untuk memenuhi ekspektasi para penggemar berat franchise Final Fantasy.

Tak hanya itu, melalui Final Fantasy XV, mereka juga berharap bisa merangkul gamer baru, pemilik konsol PS4 yang belum pernah menjajal Final Fantasy. Apakah penantian 10 tahun tersebut berhasil membuat gamer yang sudah setia menjadi makin setia, sekaligus menarik perhatian gamer baru? Berikut ulasan lengkap Metrotvnews.com.

FINAL FANTASY XV 1 (google.com)

Setiap kali menulis artikel tentang Final Fantasy, saya selalu menekankan bahwa setiap seri tidak memiliki hubungan, sehingga pada dasarnya Anda bebas memainkan yang manapun terlebih dahulu. Final Fantasy selalu menawarkan kisah yang unik, karakter yang menarik, dan gameplay RPG yang khas. Begitu juga dengan Final Fantasy XV, Anda kembali diperlihatkan dengan perjuangan seorang karakter utama yang tidak pernah berjuang sendirian.

Namun, yang paling menarik adalah kisah seorang pangeran yang naik tahta didampingi teman setianya. Noctis Lucis Caelum adalah keturunan bangsa raja, Lucis, yang bertualang mencari jati dirinya, di tengah konflik yang pada akhirnya mengakibatkan keruntuhan kerajaannya sendiri.

Petualang Noctis di Eos ditemani oleh tiga orang Crownsguard: Prompto, Ignis, dan Gladiolus, pengawal khusus kerajaan yang sekaligus menjadi teman setianya. Saya melihat adanya ikatan yang sangat kuat antara keempat karakter ini, dan sering sekali perselisihan dan masalah yang muncul membuat mereka justru semakin memahami satu sama lain.

FINAL FANTASY XV 2 (google.com)

Entah apa yang terjadi dengan Noctis, yang telah kehilangan segalanya ini jika tidak ada mereka, yang sering memberikan semangat dan mengingatkannya tugas sebagai raja. Sayangnya, latar belakang ketiga Crownsguard ini sangat menarik untuk ditelusuri, dan Square Enix hampir tidak pernah memberikan semacam flashback terhadap mereka.

Cerita Final Fantasy XV membawa gamer ke tengah kisah. Dengan begitu, pemain akan penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh mengenal dunia fantasinya secara keseluruhan. Namun, Anda mungkin tidak akan begitu penasaran dengan Eos karena Final Fantasy XV mengadopsi gameplay open-world, yang tidak pernah ada di seri sebelumnya. Anda bisa melihat dunia fantasi yang sangat luas, dan harus menjelajahnya dengan mobil kesayangan bernama Regalia. Sangat disayangkan, ruang gerak Regalia sangat terbatas, Anda tidak bisa mengendarainya di luar jalan yang telah ada. Jika Anda ingin menjelajah lebih jauh, Anda bisa berlari atau mengendarai Chocobo.

Eos menghadirkan topografi yang tidak biasa, dan Prompto akan mengajak Anda mengambil selfie beberapa kali. Selain itu, banyak sekali makhluk liar fantasi, dengan bentuk seperti dinosaurus. Ada juga iblis yang sering muncul di depan Anda, tetapi mereka hanya muncul di malam hari. Beberapa misi akan meminta Anda untuk mengunjungi lokasi dengan pemandangan indah, sehingga tidak perlu khawatir jika ada tempat menarik yang bakal terlewatkan.

FINAL FANTASY XV 3 (google.com)

Mekanisme permainan Final Fantasy XV cukup dinamis. Selain menyajikan kondisi lingkungan yang berbeda antara siang dan malam, Anda juga bisa melihat efek cuaca seperti hujan, yang mengurangi jarak pandang.

Dunia yang bebas dijelajah tentunya harus dilengkapi side quest yang banyak, dan Final Fantasy XV mempunyai banyak misi sampingan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Untungnya, jika lihai, Anda bisa saja mengalahkan monster dengan selisih 10 levvel lebih tinggi dari Anda. Misi sampingan ini pada umumnya sangat monoton, tetapi hadiah yang didapat membuat saya tergiur untuk menjalankannya. Selain gil (mata uang Final Fantasy), experience point yang didapat juga cukup tinggi.

Teknik bertarung Final Fantasy XV bisa dibilang revolusioner dari seri lainnya. Ketimbang bergerak bergantian, Anda memiliki kebebasan untuk bergerak menghindar atau menyerang, seperti game Action-RPG pada umumnya.

Beberapa serangan combo bisa tercipta dengan menggabungkan jurus anggota party, tetapi Noctis harus mendapatkan momentum yang tepat untuk melancarkan daya rusak yang tinggi. Selain itu, gaya bertarung dan berbagai macam senjata serta kustomisasi yang hadir memang sederhana, tetapi juga sangat istimewa, sehingga Anda tergoda untuk menggunakan teknik serangan yang tidak biasa.

Anda juga masih bisa melancarkan serangan terkuat, yaitu memanggil Titan. Walaupun cara memanggilnya hanya menekan satu tombol, Anda akan sangat sulit dalam mencari momentum yang tepat agar Titan datang dan melancarkan jurus pamungkasnya.

Kesimpulan

Menakjubkan, inilah tanggapan saya terhadap Final Fantasy XV. Saya memang tidak memainkan semua seri Final Fantasy, tetapi seri terbaru ini berhasil menarik menyita perhatian saya, bukan untuk keperluan mengulas semata. Mekanisme gameplay yang cocok dengan gamer zaman sekarang, dilengkapi dengan desain karakter, objek, dan dunia yang memukau, tak lupa dengan aspek lainnya yang membuat gamer lebih penasaran, sudah lebih dari cukup untuk menggambarkan Final Fantasy XV adalah salah satu game JRPG terbaik tahun ini.

Square Enix juga memastikan bahwa game ini tidak akan berhenti sampai di sini. Tampaknya, mereka akan menyiapkan segudang konten tambahan, yang mungkin tidak akan dibanderol gratis.
Platform: PlayStation 4, Xbox One
Developer: Square Enix
Publisher: Square Enix
Tanggal Rilis: 29 November 2016
Jenis: Action-RPG
Situs Resmi: http://www.finalfantasyxv.com/

loading...