HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Guterres Resmi Jadi Sekjen PBB

7

HARIANACEH.co.id, NEW YORK — Antonio Guterres dilantik menjadi Sekretaris Jenderal kesembilan dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Senin 12 Desember. Ia mengatakan PBB harus berubah untuk menghadapi beragam krisis global secara lebih baik.

Dalam sebuah seremoni di Majelis Umum, mantan perdana menteri Portugal itu meletakkan tangannya di piagam PBB dan mengucapkan sumpah jabatan. Guterres akan mengambil alih kepemimpinan dari Ban Ki-moon pada 1 Januari tahun depan.

“Organisasi ini adalah batu pijakan bagi multilateralisme, dan telah berkontribusi untuk perdamaian selama berdekade-dekade. Namun beragam tantangan saat ini sudah melampaui kapasitas kita dalam merespons,” ujar Guterres, seperti dilansir AFP.

“PBB harus siap untuk berubah,” sambung dia.

Pria 67 tahun itu mengatakan PBB harus “mengakui kekurangannya dan melakukan reformasi.” Kekurangan itu, menurut Guterres, adalah ketidakmampuan PBB dalam mencegah krisis di beberapa sudut dunia.

Menjabat kepala agensi pengungsian PBB selama satu dekade, Guterres dilantik saat pasukan Suriah berada di “fase final” dalam upaya merebut seluruh kota Aleppo. Jika Aleppo sepenuhnya direbut, maka akan menjadi titik balik dari konflik Suriah yang sudah berlangsung hampir enam tahun.

“Ini adalah perang di mana semua kubu kalah. Ini telah menjadi ancaman bagi semua orang di dunia,” ungkap Guterres. “Sudah saatnya mengakhiri kekonyolan ini.

Guterres bersumpah melakukan pendekatan personal dalam resolusi konflik, dan akan memainkan peran yang lebih aktif ketimbang Ban.

Terpilihnya Guterres menjadi angin segar bagi para diplomat PBB yang menilainya sebagai politikus handal yang mampu menyatukan perpecahan di internal PBB.[]

loading...