HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Cara Agar Mencintai Pekerjaan Anda

22

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Tidak semua orang di dunia ini beruntung mendapatkan pekerjaan impiannya. Banyak pula yang merasa tidak bahagia, bahkan cenderung benci dengan pekerjaannya, sehingga menjalankannya pun dengan terpaksa.

Alasannya, ada yang bekerja hanya lantaran tergiur gaji tinggi, ada yang merelakan impiannya demi menuruti keinginan orang tua, ada pula yang terjebak dalam prinsip “asal dapat pekerjaan”, dan masih banyak lagi.

Jika Anda sedang berada dalam kondisi tersebut, Anda pasti menyadari bagaimana rasa benci pada pekerjaan berakibat buruk pada hasil akhirnya. Tentu saja hal ini tak bisa terus menerus dibiarkan, karena Anda hanya akan membuang-buang waktu dan pada akhirnya karier pun jadi terhambat. Lalu, bagaimana caranya untuk bisa mencintai pekerjaan Anda?

1. Bersyukur

Kedengarannya memang sederhana, namun inilah cara paling mudah untuk belajar mencintai sesuatu. Bersyukur karena Anda masih memiliki pekerjaan, serta bersyukur karena penghasilan Anda mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bayangkan saja, ada berapa banyak orang di luar sana yang tidak memiliki pekerjaan dan ingin menjadi seperti Anda? Sementara di Jobplanet, Anda juga bisa menemukan testimoni dari para karyawan dengan pekerjaan yang mungkin Anda impikan, tapi pengalamannya tak seindah yang Anda bayangkan.

2. Cari sisi positif

Sesulit apapun Anda belajar mencintai suatu pekerjaan, pasti ada sisi positif yang bisa diambil dari pekerjaan tersebut. Contohnya, walaupun beban kerja cukup berat, namun Anda punya banyak kesempatan bekerja di luar kantor dan bertemu orang-orang baru. Dengan fokus pada kelebihan tersebut, maka Anda tak akan terlalu memikirkan sisi negatifnya.

3. Ingat kembali alasan Anda memilih pekerjaan

Setiap kali Anda mulai kehilangan semangat serta dihantui rasa benci, coba tanyakan pada diri sendiri, hal apa yang membuat Anda memilih untuk menjalani pekerjaan tersebut? Ingat kembali alasan-alasan yang memotivasi Anda pada saat itu. Paling tidak, tindakan ini dapat sedikit mengembalikan semangat Anda seperti pada masa-masa awal bekerja.

4. Bangun hubungan pertemanan

Bekerja sambil dikelilingi teman-teman yang menyenangkan layaknya keluarga bisa dipastikan akan menambah kebahagiaan Anda di kantor. Nah, jika sudah bisa mencintai orang-orang yang bekerja bersama Anda, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk mencintai pekerjaan itu sendiri.

Belajar mencintai pekerjaan tak lantas menjadikan Anda sosok yang mudah menyerah pada keadaan atau enggan mengejar impian. Sebaliknya, upaya tersebut justru membuktikan bahwa Anda pribadi yang mau belajar untuk menantang diri dengan keluar dari zona nyaman. Hal ini akan bermanfaat bagi Anda dalam menghadapi persaingan kerja di kemudian hari.

Jika kondisi lingkungan kerja memang sudah tak bisa membuat Anda berkembang, tentunya keputusan terbaik adalah mencari kesempatan di tempat lain. Namun yang pasti, jangan sampai emosi sesaat atau rasa benci akan pekerjaan menjadi alasan Anda mengundurkan diri.[]

Komentar
Sedang Loading...
Memuat