HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Margot Robbie Mendapat Penghargaan Dari Para Kritikus

HARIANACEH.co.id, CALIFORNIA – Secara finansial, film Suicide Squad tergolong sukses. Pendapatannya dari seluruh dunia mencapai USD745,6 juta (Rp9,9 triliun), dengan ongkos produksi sekitar USD175 juta. Namun, film ini dibantai habis oleh para kritikus.

Suicide Squad hanya meraih rating 26 persen di situs Rotten Tomatoes. Sebanyak 219 dari 294 kritikus menilai film ini layak diberi tomat busuk, indikator untuk film yang dianggap jelek pada Rotten Tomatoes.

Meski filmnya ‘busuk’, aktris Margot Robbie (26 tahun) yang memerankan Harley Quinn dalam film garapan David Ayer itu malah mendapat penghargaan Critic’s Choice Awards. Dalam ajang tahunan yang digelar di California, Amerika Serikat, Minggu (11/12/2016), Robbie menjadi Aktris Terbaik Kategori Film Aksi.

Critic’s Choice Awards adalah penghargaan tahunan yang diselenggarakan Broadcast Film Critics Association (BFCA) dan Broadcast Television Journalists Association (BTJA). Berisi lebih dari 300 kritikus, salah satu keunikan acara ini adalah adanya kategori untuk film aksi dan komedi.

Robbie berhasil mengalahkan nomine pemeran pahlawan super wanita lain dalam kategori ini, seperti Gal Gadot (pemeran Wonder Woman dalam Batman v Superman), Scarlett Johansson (Black Widow dalam Captain America: Civil War), dan Tilda Swinton (The Ancient One dalam Doctor Strange).

Penampilan Robbie memang menonjol dalam film yang mengisahkan kumpulan penjahat semesta DC Extended Universe (DCEU) itu. Perannya sebagai Harley Quinn bisa dikatakan cukup menantang.

Harley Quinn tadinya adalah Dr. Harleen Quinzel, seorang psikiater yang ditugaskan merawat Joker (Jared Leto). Ironisnya, Quinzel malah terpengaruh si badut jahat, hingga akhirnya ikut menjadi gila dan mengubah diri menjadi badut wanita kekasih Joker.

Sutradara David Ayer pernah mengakui bahwa peran Harley Quinn memang sangat sulit. “Robbie harus menjadi spontan, lucu, menjiwai karakternya, kuat, dan sekaligus tegar,” ujar Ayer dalam sebuah klip eksklusif menyambut perilisan versi Blu-Ray dari Suicide Squad (h/t Yahoo Movie).

Bagi Robbie, penting untuk menjaga elemen tertentu dari karakter ini. “Dia selalu ingin menjadi rekan bagi seseorang, tapi dia juga benar-benar sangat menggoda. Itulah yang menarik baginya,” jelas aktris asal Australia ini.

Semangat dan antusiasme tinggi juga menjadi satu ciri khas Harley.

“Banyak karakter lain yang pendiriannya sudah ditentukan dengan jelas dari awal. Namun untuk Harley, saya memerankannya seakan saya menjalani hari pertama di sekolah, dan senang menjalaninya. Seperti pergi ke toko mainan dan berkata, ‘Apa dulu ya, yang akan saya lakukan?”

Maka tak heran, karakter Harley Quinn akan dibikinkan film tunggalnya. Bintang utamanya tentu Robbie; ia juga bakal menjadi produser. Kisahnya belum diketahui, kemungkinan bakal diramaikan beberapa tokoh antagonis perempuan dari buku komik DC. Misalnya Batgirl, Black Canary, Catwoman, dan Poison Ivy dari kelompok Birds of Prey.

Salah satu rekan Robbie dalam Suicide Squad juga memperoleh Critic’s Choice Awards. Dialah Viola Davis, pemeran Amanda Waller, bos Suicide Squad yang amat licik. Namun Davis tidak memenangi Critic’s Choice dari film itu. Ia memenangi Aktris Pendukung Terbaik lewat film Fences, sebuah drama mengenai rasisme di Pittsburgh pada 1950-an.

Dari dunia film pahlawan super, selain Robbie ada juga satu nama pemenang lain yaitu Ryan Reynolds dari film Deadpool. Peran Reynolds sebagai tentara bayaran cerewet yang tak bisa mati itu mengantarkannya menjadi Aktor Film Komedi Terbaik. Deadpool sendiri memenangi kategori Film Komedi Terbaik.[]

loading...