HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

OJK Tunggu AJB Bumiputera Dalam Proses Restrukturisasi

8

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai jika proses restrukturisasi yang sedang dilakukan oleh AJB Bumiputera masih berlangsung. Saat ini pembahasan masih terus dilakukan antara pengelola statuter dengan yang sekarang mengelola Bumiputera serta calon investornya.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani menyatakan, ada beberapa perubahan skenario dari proses restrukturisasi. Menurutnya, OJK juga masih menunggu apakah akan digunakan skema yang sebelumnya disebutkan pada awal November atau masih akan ada perubahan.

“Masih dalam pembahasan, jadi polanya mana yang akan dipakai apakah mau sekaligus dilakukan restrukturisasi Bumiputera? Apakah secara bertahap? Itu masih dalam pembahasan, siang ini pun saya masih rapat dengan mereka,” ujarnya di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (13/12/2016).

Dirinya menambahkan, nantinya kesepakatan yang akan diambil adalah apa yang akan dijalankan oleh pengelola statuter. Untuk itu, perlu dipastikan bagaimana proses restrukturisasi yang akan dijalankan oleh Bumiputera tersebut.

“Kesepakatan mereka terakhir itu dengan calon investor kaya apa, jadi belum ada yang pasti benar. Jadi tugas pengelola statuter yang pertama ini dia memastikan bahwa Bumiputera berjalan sebagaimana sedia kala,” jelas dia.

Sementara dirinya juga belum bisa memastikan apakah PT Evergreen Invesco Tbk (GREN) akan tetap menjadi investor utama. Sebab jika tetap menggunakan Evergreen maka skema yang dipilih bisa dengan mengakuisisi anak perusahaan atau bisa juga tidak.

“Ini kan persetujuan untuk mendapatkan dari pasar modal. OJK kan belum sedang dalam proses apakah jadi itu akan menggunakan Evergreen sehingga pernyataan efektifnya akan dikeluarkan itu dalam proses,” pungkasnya.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time