HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Perdagangan Sesi Pagi, Rupiah Menguat Rp13,305/USD

2

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada pembukaan perdagangan pagi ini terpantau menguat dibandingkan dengan penutupan perdagangan sore di pekan lalu di Rp13.331 per USD. Adapun faktor eksternal diprediksi akan mendominasi pergerakan nilai tukar rupiah di sepanjang hari ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa 13 Desember, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi berada di posisi Rp13.305 per USD. Day range nilai tukar rupiah di kisaran Rp13.284 per USD sampai Rp13.313 per USD dengan year to date return di minus 3,31 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.278 per USD.

Sementara itu, Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, faktor eksternal akan mendominasi pergerakan nilai tukar rupiah di sepanjang minggu ini, yang jika tanpa sesuatu yang mengejutkan dari Federal Reserve atau the Fed maka nilai tukar rupiah berpeluang menguat. Kondisi ini tentu perlu diwaspadai dan dicermati sebaik mungkin.

“Realisasi amnesti pajak periode II yang masih di bawah harapan kembali menjadi sumber sentimen negatif menjelang tutup tahun, karena ini akan meminta defisit fiskal yang lebih lebar dan diperkirakan mendekati tiga persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB),” kata Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

Sedangkan fokus yang tertuju pada FOMC meeting membuat harga minyak masih mengalami kenaikan. Usai keputusan ECB yang memperpanjang tetapi memangkas besaran stimulusnya tengah minggu lalu, saat ini fokus langsung beralih ke FOMC meeting yang akan disimpulkan Kamis dini hari.

Walaupun pasar global telah mengantisipasi kenaikan Fed Fund Rate (FFR) target jauh-jauh hari, namun tendensi the Fed mengenai prospek 2017 akan memengaruhi pergerakan pasar. Pada sisi lain, harga minyak melanjutkan kenaikan tajamnya setelah produsen bukan anggota OPEC sepakat memangkas produksinya.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time