HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Rini Soemarno Berharap Pertamina dan PLN Terus Bersinergi

23

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta kepada dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar yakni PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) untuk terus bersinergi.

Menurut Rini sinergi di antara kedua BUMN itu menjadi penting demi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Apalagi masyarakat tidak hanya membutuhkan minyak dan gas, tetapi juga membutuhkan listrik sebagai penopang perekonomian.

“Pada kesempatan ini saya pesan ke rekan Pertamina, tolong bersinergi lebih erat dengan PLN. Kalau dapat bersama-sama maka masyarakat Indonesia akan lebih sejahtera,” kata Rini, saat membuka Energi Forum, di Hotel Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Ia meyakini dengan adanya sinergi Pertamina bersama PLN maka diharapkan biaya listrik akan menjadi lebih murah. Karena, Pertamina bisa memasok kebutuhan gas dan BBM untuk pembangkit listrik PLN.

“Karena dalam memproduksi listrik ada pembangkit yang menggunakan BBM dan gas, itu semua harus disinergikan agar biaya transportasi lebih murah dan mendorong lebih efisien dan biaya energi primer turun dan biaya produksi lebih rendah,” jelas dia.

Sementara dari sisi Pertamina, lanjut Rini, Pertamina sebagai produsen gas bumi dan BBM akan mendapatkan pembeli pasti yakni kontrak jangka dengan PLN. “Untuk Pertamina sendiri jika sudah dapat pembeli dengan kontrak yang panjang maka akan lebih efisien,” pungkas dia.[]

Komentar
Sedang Loading...
Memuat