HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tahun Depan Pertamina Berencana Akan Naikkan Harga Solar

6

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) berencana untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di 2017. Rencana kenaikan itu dilakukan mengingat Pertamina telah memupuk kerugian penjualan BBM jenis solar sejak Oktober 2016 lalu.

Wakil Direktur Utama Pertamina Achmad Bambang mengatakan, saat ini yang menjadi fokus diskusi Pertamina dan pemerintah adalah memikirkan untuk adanya kemungkinan menaikkan harga BBM jenis solar pada Januari 2017. Tentu rencana kenaikan itu dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek.

Selain itu, rencana kenaikan BBM jenis solar lantaran sejak Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) memutuskan untuk memangkas produks minyak maka harga minyak global sedikit demi sedikit mulai terkerek naik.

“Per 1 Januari kami sudah defisit solar subsidi Rp700 per liter. Artinya total harga solar dengan Rp5.150 per liter itu harusnya subsidi Rp1.200 per liter. Real harganya sudah di atas Rp2.000. Ini Pekerjaan Rumah (PR) nih,” kata Achmad Bambang, dalam Energi Forum, di Hotel RItz Carlton, SCBD, Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Pria yang biasa disapa Abe ini menambahkan, harga BBM jenis solar sangat tergantung pada fluktuasi harga minyak dunia. Diperkirakan tahun depan harga BBM jenis solar akan mengalami kenaikan sekitar Rp500 per liter dengan kenaikan minyak global USD5 per barel.

“Mungkin sekitar Rp500 per liter (kenaikan harga BBM jenis solar), kita bicara dengan USD5 per barel,” ucap dia.

Sekadar informasi, pemerintah memutuskan tidak menaikan harga BBM jenis solar pada 1 Oktober 2016 sampai Desember 2016 karena pada saat itu Pertamina masih memiliki keuntungan pada Januari hingga September 2016.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time