HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tertinggal Satu Gol, Akhirnya Indonesia Menang 2-1 Kontra Thailand

6

HARIANACEH.co.id — Indonesia menang 2-1 atas Thailand dalam leg I final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (14/12/2016). Setelah Teerasil Dangda membuka skor pada medio babak pertama, Merah Putih membalas lewat gol Rizky Pora dan Hansamu Yama pada babak kedua.

Kedua tim memulai laga dengan tempo sedang. Namun, Merah Putih harus mengalami tamparan pertama.

Garuda kehilangan salah satu bintang tim, Andik Vermansah, karena cedera hamstring pada 20 menit awal babak pertama.

Thailand tampak berhati-hati menghadapi timnas kali ini dan tidak langsung menggempur pertahanan Garuda dari awal seperti pada laga pertama grup di mana mereka menang 4-2.

Namun, mereka masih membuktikan diri sebagai salah satu kekuatan Asia.

Pada menit ke-33, striker andalan Gajah Perang, Teerasil Dangda, membuka keunggulan lewat gol sundulan apik.

Ia memanfaatkan umpan silang bek kiri Teerathon Bunmanthan dan melepas tandukan keras ke sudut bawah gawang Kurnia Meiga.

Indonesia lalu berusaha bangkit dan beberapa kali mencoba menekan akan tetapi kombinasi lini depan timnas masih belum maksimal.

Sampai babak pertama berakhir, timnas belum mencatatkan tembakan tepat sasaran.

Beruntung, seperti yang biasa timnas lakukan di turnamen ini, pasukan Alfred Riedl bangkit setelah turun minum. Rizky menyamakan kedudukan pada menit ke-65.

Ia melepas tembakan keras dari luar kotak penalti yang memantul mengenai pemain lawan dan masuk ke gawang dengan kiper Thailand tak bergerak.

Usaha pemain sayap kiri timnas tersebut merupakan tembakan on target pertama Merah Putih di laga ini.

Lima menit kemudian, Indonesia berganti memimpin sang juara bertahan. Bek tengah Hansamu Yama mencetak gol keduanya di turnamen setelah melawan Vietnam di laga semifinal pertama.

Hansamu membobol gawang Kawin lewat tandukan melambung dari hasil sepak pojok Rizky.

Merah Putih kemudian mendapat kesempatan untuk menambah keunggulan tetapi tandukan pemain pengganti Lerby Eliandry masih ke tengah dan dapat diselamatkan dengan mudah oleh sang kiper.

Timnas pun membawa keunggulan 2-1 ke Thailand untuk laga leg kedua pada hari Sabtu (17/12/2016) di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Berikut ini adalah susunan pemain Indonesia Vs Thailand:

Indonesia vs Thailand 2-1 (Rizky Pora 65′, Hansamu Yama 70’/Teerasil Dangda 33′)

Indonesia (4-2-3-1): 1-Kurnia Meiga; 2-Beny Wahyudi (12-Lerby Eliandry 70′), 23-Hansamu Yama, 16-Fachruddin Aryanto, 3-Abduh Lestaluhu; 25-Manahati Lestusen, 19-Bayu Pradana; 21-Andik Vermansah (10-Zulham Zamrun 19′), 14-Rizky Pora, 8-Stefano Lilipaly; 7-Boaz Solossa (9-Ferdinan Sinaga 78′).

Pelatih: Alfred Riedl

Thailand (4-5-1): 1-Kawin Thamsatchanan, 3-Theerathon Bunmathan, 5-Adison Promrak, 15-Koravit Namwiset, 19-Tristan Do; 4-Kroekrit Thaweekarn (2-Peerapat Notchaiya 69′), 6-Sarach Yooyen, 18-Chanathip Songkrasin, 21-Pokklaw Anan (7-Charyl Chappuis 80′), 14-Sarawut Masuk (9-Siroch Chattong 73′); 10-Teerasil Dangda

Pelatih: Kiatisuk Senamuang

Wasit: Jumpei Iida (Jepang)

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time