HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Untuk Bakar Kalori, Seefektif Apa Hubungan Seks dan Bagaimana Caranya?

12

HARIANACEH.co.id — Selama ini banyak yang meyakini, hubungan seks adalah salah satu cara untuk bakar kalori. Mengingat fakta terkadang memang bergerak aktif di ranjang, tentunya hal ini masuk akal.

Namun sebenarnya, seberapa banyak kalori yang terbakar saat Anda dan pasangan berhubungan seks? Sayangnya, tidak sebanyak yang selama ini disinyalir.

Mengutip Healthline, Rabu (14/12/2016), beberapa studi yang diterbitkan beberapa tahun belakangan ini banyak membicarakan hubungan antara hubungan seks dengan pembakaran kalori. Salah satunya, dari University of Quebec, Kanada.

Studi ini mempelajari 21 pasangan heteroseksual di usia 20-an awal. Para peneliti merekam pengeluaran energi mereka saat berolahraga dan melakukan hubungan seks. Caranya dengan menggunakan ban tangan.

Semua partisipan melakukan olahraga ketahanan selama 30 menit di atas treadmill, dengan kecepatan sedang, untuk kemudian dibandingkan dengan pengeluaran energi mereka saat berhubungan seks.

Hasilnya menunjukkan: saat berhubungan seks, pria membakar 101 kalori, secara rata-rata, dari sesi olahraga selama 24 menit. Wanita membakar 69 kalori. Sedangkan, pembakaran kalori dari berolahraga selama 30 menit di atas treadmill adalah: pria membakar 276 kalori, sedang wanita 213 kalori.

Studi ini menunjukkan, walau hubungan seks memang bisa bakar kalori, jumlahnya jauh lebih kecil dibanding ketika Anda benar-benar berolahraga.

Cara membakar lebih banyak kalori saat bercinta

Melihat hasil di atas, mungkin jumlah kalori yang terbuang belumlah memuaskan Anda. Namun, bukan berarti Anda dan pasangan tidak bisa mengupayakan sesuatu untuk menjadikan seks Anda lebih “sehat”.

Jadi, trik apa yang bisa Anda lakukan untuk membakar lebih banyak kalori?

1. Lakukan lebih lama

Logikanya, jika Anda berhubungan seks lebih lama, tentunya lebih banyak lagi kalori yang terbakar.

Tak perlu memusatkan kegiatan Anda di penetrasi, foreplay lebih panjang juga bisa membantu Anda dan pasangan membakar lebih banyak kalori.

2. Buat jadi lebih panas

Bukan berarti Anda harus mematikan AC saat bercinta. Namun, pastikan sesi ranjang Anda lebih intens dan bergairah.

Semakin banyak keringat yang keluar, semakin banyak kalori yang terbakar.

3. Coba berbagai posisi

Tahukah Anda kalau ada yang namanya kalkulator seks? Anda bisa memasukkan berat badan Anda dan pasangan, kemudian posisi yang Anda pilih, dan mereka kemudian akan menghitungkan kalori yang bisa Anda bakar.

Untuk wanita dengan berat sekitar 70 kg, dan pria berberat badan 95 kg, melakukan posisi misionaris (dengan wanita di bawah) selama 10 menit, akan membakar 14 kalori (untuk wanita), dan 47 kalori (untuk pria).

Jika melakukan seks sambil berdiri selama 10 menit, wanita akan membakar 30 kalori, dan pria 51 kalori.

loading...