HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Diperkirakan Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) Alami Surplus

6

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) pada siang ini akan merilis kinerja neraca perdangan Indonesia sepanjang November 2016. Membaiknya kinerja neraca perdagangan tentu menjadi harapan banyak pihak karena erat kaitannya dengan laju perekonomian Indonesia.

Ekonom Bank DBS Gundy Cahyadi memperkirakan, berdasarkan hitungannya maka neraca perdagangan masih akan mengalami surplus dengan nilai sebesar USD700 juta dengan ekspornya tumbuh tujuh persen, sementara impor pertumbuhannya negatif sebanyak 2,5 persen.

“Pertumbuhan ekspor cenderung tetap positif untuk bulan ini,” kata Gundy, di Jakarta, Kamis (15/12/2016), seraya menambahkan bahwa pertumbuhan positif masih akan berlanjut di tahun depan dengan diprediksi neraca perdagangan bakal tumbuh 2,2 persen dibandingkan dengan tahun ini yang turun enam persen.

Sementara itu, Ekonom Bank Permata Joshua Pardede memperkirakan surplus neraca perdagangan mencapai nilai USD986 juta, ditopang pertumbuhan ekspor sebanyak 13,74 persen dan impor yang tumbuh sebanyak 1,15 persen.

Sedangkan ekonom BTN memprediksi neraca dagang surplus USD693 dengan pertumbuhan ekspor 10 persen dan impor 0,1 persen. Sementara itu, Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta memperkirakan surplus neraca dagang tembus USD1 miliar.[]

loading...