HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

La La Land Miliki Peluang Besar Jadi Film Terbaik Oscar 2017

HARIANACEH.co.id – Film La La Land tengah menjadi buah bibir. Mungkin masih terlalu dini, tapi saat ini La La Land bisa dikatakan berpeluang besar untuk menang pada Academy Awards (alias Piala Oscar) ke-89 yang digelar pada 26 Februari 2017 dan nominasi baru diumumkan pada 24 Januari.

Mengapa La La Land berpeluang besar? Pasalnya, film berdurasi 128 menit ini menjadi film dengan nomine terbanyak dalam dua ajang prestisius: Critic’s Choice Award dan Golden Globe. Keduanya merupakan semacam ‘pemanasan’ dan lahan untuk menentukan prediksi sebelum Academy Awards digelar.

Drama komedi musikal ini meraih delapan piala Critic’s Choice yang sudah digelar di California, Amerika Serikat, Minggu (11/12/2016).

La La Land berhasil menyabet Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Damien Chazelle), Skenario Asli Terbaik (Damien Chazelle), Sinematografi Terbaik (Linus Sandgren), Pengarah Artistik Terbaik (Sandy Reynolds-Wasco dan David Wasco), Penyuntingan Terbaik (Tom Cross), Penata Musik Terbaik (Justin Hurwitz), dan Lagu Terbaik (“City of Stars” oleh Audition (The Fools Who Dream).

Sementara, Hollywood Foreign Press Association selaku penyelenggara Golden Globe memang belum menentukan pemenangnya. Namun, dalam pengumuman nomine Golden Globe yang diselenggarakan Senin (12/12/2016), La La Land memimpin dengan meraih tujuh nomine.

Film ini bersaing dalam lima kategori penting, yaitu Film Musikal/Komedi Terbaik, Aktor Musikal/Komedi Terbaik (Ryan Gosling), Aktris Musikal/Komedi Terbaik (Emma Stone), Sutradara Terbaik (Damien Chazelle), Skenario Terbaik (Damien Chazelle), Lagu Asli Terbaik (“City of Stars” oleh Audition (The Fools Who Dream), dan Penata Musik Asli Terbaik (Justin Hurwitz).

Para kritikus dan pengulas film pun memberi ulasan positif untuk La La Land. Film ini meraih rating 95 persen dalam situs kumpulan ulasan Rotten Tomatoes. Sebanyak 124 dari 131 pengulas memberikan tomat segar, indikasi bagi film bagus menurut mereka.

Kisahnya mungkin biasa saja, namun tetap ada keistimewaan tersendiri dari produk akhirnya. “La La Land adalah sebuah kisah cinta modern yang difilmkan dengan gaya musikal klasik. Film ini seperti sebuah hadiah yang memanjakan mata, telinga, dan hati penontonnya,” tulis Betty Jo Tucker dari ReelTalk Movie Reviews.

“La La Land lebih bersemangat dari Chicago, lebih tulus dari Les Miserables,” tulis James Berardinelli dari ReelViews. Chicago (2002) adalah musikal pemenang film terbaik Oscar, sementara Les Miserables (2012) juga musikal, tapi hanya meraih nomine sebagai film terbaik.

Peter Travers dari Rolling Stones memberi pujian pada trio Chazelle, Stone, dan Gosling. “La La Land menghidupkan kembali genre musikal pada abad ke-21. Anda akan keluar dari bioskop dengan hati gembira, karena betapa inventifnya Damien Chazelle, memukaunya Emma Stone dan Ryan Gosling, serta melihat bagaimana mereka kembali membuat film sebagai sesuatu yang ajaib.”

Situs Vulture menjagokan La La Land sebagai pemenang Oscar. “Film yang hangat seperti La La Land sangat terasa dengan apa yang bakal direspon dengan baik oleh Academy, saat ini,” tulis Kyle Buchanan dari media hiburan daring itu. Namun, ia menyebut dalam kategori seperti sutradara, aktris, dan lagu terbaik film ini akan mendapat persaingan ketat.

Bandar taruhan kondang William Hill pun menjagokan La La Land sebagai film dengan peluang terbesar menjadi Film Terbaik Oscar 2017. Begitupun bandar lain, Goldderby.

La La Land mengisahkan Mia (Emma Stone), seorang aktris baru, dan Sebastian (Ryan Gosling), musisi jazz. Keduanya sama-sama bergumul dengan impian mereka di kota Los Angeles, yang dikenal kejam dan sering ‘menghancurkan’ mimpi seniman muda. Seiring dengan datangnya kesuksesan, hubungan mereka yang baru terbentuk mulai goyah.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time