HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mobil Land Rover Landy Defender 90 Diproduksi Kembali

4

HARIANACEH.co.id – Menjelang satu tahun resmi dihentikan produksinya, Landy Defender ‘terlahir’ kembali. Tempat kelahirannya bukan di fasilitas produksi Jaguar Land Rover melainkan di sebuah rumah modifikasi.

Land Rover Defender 90 ini merupakan hasil proyek restorasi Cool&Vintage. Basisnya adalah Landy Defender 90 produksi 2009. Model grill dan kap mesinnya yang agak jenong mengadopsi milik Puma, seri terakhir Defender.

Pilihan memakai atap kanvas terinspirasi dari unit paling akhir yang keluar dari pabrik di Solihull, Inggris, pada 29 Januari 2016. Sedangkan model pelek 15″ kaleng, handle pintu depan dengan kaca sliding dan frame yang dapat dicopot inspirasinya dari generasi awal Defender, The Series.

Land Rover D90 Heritage Surf Truck
Land Rover D90 Heritage Surf Truck

Mesin pun tetap mempertahankan aslinya, 2400cc dengan transmisi enam percepatan manual. Secara keseluruhan ujud akhir hasil restorasi ini lintas generasi yang ikonik. Tidak ada lightbar yang bertebaran, ban pacul lebar, cat candy tone atau pernik pemanis ala SUV masa kini.

Dikutip dari hiconsumption.com, semangat Cool&Vintage dalam proyek ini adalah menghadirkan kembali kepraktisan kendaraan 4×4 yang legendaris. Pembedanya adalah interior kabin depan yang lebih mewah dan nyaman. Kemudi, jok semi bucket dan dashboard ala Puma dibalut kulit Connolly warna coklat muda.

Sedangkan kabin belakangnya yang tanpa dinding serta kaca samping, dibiarkan melompong. Ini merupakan ciri khas mobil adventure offroad yang oleh pemiliknya kerap dimuati peralatan berkemah, suku cadang dan recovery kit.

Land Rover D90 Heritage Surf Truck
Land Rover D90 Heritage Surf Truck

Defender adalah model yang diproduksi Land Rover secara 1948. Populasi tersebar di seluruh dunia dan sebagian besar penggunanya adalah kalangan pehobi aktifitas luar ruangan dan sebagian sisanya adalah berbagai kesatuan tempur pasukan elite.

Angka 90 di belakang Defender merujuk kepada wheelbase (jarak antara poros roda depan dan belakang) yang sepanjang 93 inch. Kode serupa juga berlaku untuk Defender 110 yang merupakan versi long chasis dan empat pintu.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time