HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pemerintah Korsel Tetapkan Negaranya dalam Status Darurat Flu Burung

10

HARIANACEH.co.id, SEOUL – Korea Selatan telah mengeluarkan peringatan flu burung untuk pertama kalinya. Hal ini membuat pejabat setempat menganjurkan adanya pemusnahan unggas.

“Kami menaikkan tingkat siaga ke tingkat gawat darurat dalam upaya untuk mencegah penyebaran flu burung,” ucap Menteri Pertanian Korsel, Kim Jae-soo, seperti dikutip AFP, Jumat (16/12/2016).

Sebelumnya, wabah terburuk yang melanda Korsel adalah pada 2014, di mana hampir 14 juta unggas dimusnahkan.

Sejak kasus pertama H5N6 atau flu burung secara patogen dikonfirmasi pada pertengahan November kemarin, Korsel langsung memasang tingkat siaga flu burung.

Tingkat ‘gawat darurat’ adalah tingkat terakhir dari sistem peringatan empat tingkat di Korsel. Artinya, pejabat setempat akan memberlakukan larangan kendaraan membawa burung, toko daging unggas, melakukan vaksinasi unggas atau mensterilkan kendaraan apapun di jalan.

“Kami menaikkan tingkat sistem peringatan karena sudah merasa terancam. Virus tersebut sangat cepat penyebarannya,” katanya lagi.

Padahal, langkah ini berpotensi menyebabkan kenaikan mendadak harga unggas dan telur di negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia tersebut.

Harga telur saat ini melonjak sebesar 30 persen dari tahun lalu. Peringatan ini jelas akan mengganggu pasokan unggas untuk tahun depan.

Untuk saat ini, memang belum ada kasus warga positif virus flu burung. Namun, di negara tetangganya, Tiongkok, flu burung telah menewaskan enam orang dalam jangka waktu dua tahun.

WHO, yang berada di bawah naungan PBB pun memperingatkan bahwa virus flu burung akan kembali merebak pada awal tahun 2017.

loading...