HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ahli Seismologi: Gempa Susulan di Pidie Jaya Termasuk Kategori Aman

38

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Gempa susulan masih kerap terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Namun, warga diimbau untuk tidak panik terjadap gempa susulan tersebut.

Pemerintah Daerah setempat melalui Pusat Penanggulangan Bencana Gempa Aceh memastikan dan memberi pernyataan bahwasanya gempa susulan itu sudah masuk ketegori aman.

“Kebiasaan gempa susulan tidak akan melebihi kekuatan dari gempa pertama dengan guncangan yang kuat,” kata Ahli Seismologi Gempa Bumi, Wahyu Triyoso, Jumat (16/12/2016).

Baca Juga

Darurat Populasi Gajah

Hanya Tersisa 500 Ekor Saja Populasi Gajah Sumatera Kini di Aceh

Liputan Eksklusif

Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Dijarah, Siapa Rugi?

Lagi pula, kata dia, bila ada gempa dengan kekuatan yang sama, itu akan terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama, bisa sampai 70-100 tahun.

Dia bilang, pihaknya telah meneliti tentang terjadinya gempa, potensi terjadinya gempa susulan dan juga mengenai patahan aktif yang terjadi saat gempa.

Lebih jauh, Pemerintah pun menilai, warga sudah bisa kembali ke rumahnya masing-masing. Pasalnya, pascagempa yang mengguncang Pidie Jaya berkekuatan 6,5 skala richter yang terjadi Rabu minggu lalu, banyak warga yang masih takut pulang ke rumah mereka. Warga memilih mengungsi di tenda-tenda darurat.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat