HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Evakuasi Warga Aleppo Diharapkan Segera Berlanjut Kembali

6

HARIANACEH.co.id — Setelah dikabarkan terhenti, kini proses evakuasi warga sipil di Aleppo, Suriah diharapkan siap kembali dilakukan.

Hal tersebut disebabkan adanya kesepakatan yang diraih antara kelompok pemberontak dengan Rusia dan Iran. Kesepakatan membuka kemungkinan arus evakuasi kembali berjalan.

“Telah tercapai kesepakatan dengan Rusia mengenai evakuasi di Aleppo. Tidak ada informasi lanjut mengenai kesepakatan tersebut hingga saat ini,” ujar Juru Bicara pihak Pemberintak Ahrar al-Sham, Ahmad Qurah Ali seperti dikutip CNN, Sabtu (17/12/2016).

Sebelumnya, negosiator kelompok Ahrar al-Sham di wilayah timur Aleppo, Farouk Abu Bakr menuliskan dalam Twitter: “Kesepakatan diraih antara pihak pemberontak, Rusia dan Iran terkait Aleppo”

Namun pihak Rusia dan Suriah belum memberikan konfirmasi terkait kesepakatan tersebut. Sedangkan kantorberita Syrian News Agency (SANA) menjelaskan bahwa, evakuasi dihentikan karena adanya ancaman teroris.

Anak-anak teriak kelaparan

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyebutkan kondisi di Aleppo sangatlah buruk.

“Aleppo sama saja seperti neraka,” tegas Ban.

“Saya menyesali bahwa kami harus mengakhiri operasi evakuasi,” pungkasnya.

Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO) meminta kepada seluruh lembaga kemanusiaan yang terlibat dalam evakuasi Aleppo untuk meninggalkan lokasi tanpa ada penjelasan.

Syrian Observatory for Human Right menjelaskan bahwa ada total 8.000 orang yang meninggalkan kota Aleppo secara konvoi. 3.000 di antaranya adalah pasukan pemberontak dan dilaporkan 300 dari mereka dalam kondisi terluka.

UNICEF menyebutkan bahwa lebih dari 2.700 anak-anak berhasil dievakuasi dalam 24 jam terakhir dari Aleppo timur. Tetapi ribuan lainnya masih tetap terjebak.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time