HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Maskapai yang Memiliki Rute Penerbangan Terjauh di Dunia

8

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Dengan lebih dari separuh permukaan bumi yang tertutup oleh lautan, moda transportasi udara masih menjadi pilihan yang paling efektif buat memangkas waktu perjalanan antar negara di dunia. Selama ini, transportasi udara baik pesawat komersial, helikopter, hingga jet pribadi umumnya emang digunakan buat memangkas waktu perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh.

Selain itu, kondisi geografis di suatu wilayah juga berpengaruh terhadap penggunaan transportasi udara. Seperti kondisi geografis di Indonesia misalnya, yang di beberapa daerah harus ditempuh menggunakan transportasi udara karena bentuk wilayahnya sebagai sebuah negara kepulauan.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, transportasi udara menjadi alternatif yang paling efektif sebagai pemangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan. Meskipun begitu, dengan wilayah bumi yang begitu luas, ada penerbangan yang masih harus menempuh jarak yang sangat jauh meskipun menggunakan moda transportasi udara.

Hingga saat ini, Maskapai Emirates tercatat masih memegang rute penerbangan terjauh di dunia. Rute yang udah mulai dibuka dari 1 Februari lalu ini, memiliki rute penerbangan Kota Dubai (Uni Emirat Arab) ke Panama City (Panama) tanpa transit. Rute ini sendiri akan membutuhkan waktu tempuh 17 Jam 35 Menit kea rah barat. Dengan melintasi jarak sekitar 8.580 Mil atau setara dengan 13.800 Kilometer.

Maskapai Emirates sendiri akan menggunakan pesawat Boeing 777-2000LR yang bisa membawa 256 peneumpang buat rutenya tersebut. Selain itu, pesawat ini juga bisa membawa kargo hingga mencapai 15 Ton. Dan masih ditambah dengan barang impor penting bagi Panama, seperti obat-obatan, produk mesin, dan berbagai barang elektronik,

“Pembukaan jalur ke negara tersebut (Uni Emirat Arab) akan membuka koneksi langsung ke Timur Tengah. Timur Tengah adalah wilayah yang kuat dan dan berkembang. Ini akan menjadi sinergi yang baik untuk kedua wilayah, Panama dan Amerika Latin,” kata Wakil Presiden Panama, Isbale Saint Melo de Alvarado, seperti dikutip dari CNN Travel.

Menurut pernyataan resmi Maskapai Emirates, Panama City akan menjadi pintu gerbang destinasi penerbangan pertama di Amerika Tengah. Penerbangan ini akan menyediakan pilihan yang nyaman buat penumpang dari Dubai ke berbagai tujuan di Amerika Tengah, Karibia, dan bagian utara Amerika Selatan.

Sebelumnya, maskapai yang memiliki penerbangan terjauh tanpa transit dipegang oleh Qantas Airways. Penerbangan ini sendiri memiliki rute Kota Sydney, Australia menuju ke Kota Dallas (Amerika Serikat), yang memiliki waktu tempuh kurang dari 17 jam.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time