HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Umur yang tepat Mengajak Anak Anda ke Bioskop

5

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Bagi para orang tua yang tetap bekerja, ada berbagai macam cara untuk menikmati libur panjang sekolah bersama anak. Salah satunya dengan mengajak menonton film ke bioskop. Namun, pada umur berapakah sebaiknya anak bisa diajak ke bioskop?

“Baiknya usia di atas 7 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut anak sudah tidak berpikir abstrak lagi,” jawab Carmelia Riyadhni, psikolog dari Rumah Dandelion dalam temu media bersama HOOQ, Jumat (16/12/2016).

Ia menerangkan, sebelum usia sekolah yaitu di bawah usia 7 tahun, pikiran anak masih abstrak di mana apa yang dilihat di depan mata akan terasa nyata karena belum terlalu mahir dalam membedakan dan berpikir konkret. Sementara, saat menonton di layar bioskop yang besar akan memengaruhi pemikiran anak kelak. Anak akan berpikir segala sesuatu nyata bahkan untuk sesuatu yang sifatnya fantasi.

Carmel juga menyarankan, sebaiknya orang tua memberikan gambaran tentang bagaimana suasana saat berada di studio bioskop kepada anak.

“Dijelaskan bahwa ruangan gelap, layarnya besar dan suaranya juga. Bahkan, bila perlu dilakukan simulasi di rumah,” sarannya.

Hal ini bertujuan untuk melihat bagaimana respons anak, terutama dalam hal sensor. Setiap anak memiliki tingkat sensor yang berbeda, tergantung pada tingkat sensitivitas panca indra yang dalam kasus ini adalah pendengaran dan penglihatan. Bila anak memiliki sensor yang sensitif, maka mengajaknya ke bioskop bukanlah pilihan yang tepat karena hal tersebut akan membuatnya tak nyaman selama berada dalam studio bioskop.

“Kalau mereka merasa tak nyaman, biasanya malah nangis dan mengganggu penonton lain,” pungkasnya.

loading...