HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Berpikir Positif sangat Penting dalam Kehidupan

7

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH –Para peneliti dari Univesity College of London melakukan studi jangka panjang untuk melihat bagaimana penampilan orang-orang memengaruhi usia lanjut mereka.

Studi tersebut meneliti sekitar 10 ribu orang yang terlibat dalam English Longitudinal Study of Aging antara tahun 2002 dan 2003. Selama waktu tersebut, relawan separuh baya ditanyai tiga kali untuk menilai penampilan mereka dengan menjawab empat pertanyaan yang mengevaluasi bagaimana mereka menikmati hal-hal yang mereka lakukan: saat bersama orang lain, kehidupan secara keseluruhan, dan seberapa besar mereka merasa enerjik.

Setelah tujuh tahun, mereka yang merasa lebih menikmati hidup atau memiliki nilai tertinggi dalam hal kepuasan hidup, ternyata 24 persen lebih kecil kemungkinan untuk meninggal dibandingkan dengan orang yang tak menikmati hidup. Sementara mereka yang puas dengan dua dari tiga kategori memiliki kemungkinan meninggal lebih kecil sebanyak 17 persen.

“Selama orang memiliki pikiran positif, semakin baik mereka memperhatikan kesehatan mereka,” ujar pemimpin studi Andres Steptoe.

Dari berbagai aspek penampilan, suasana hati atau tingkat kesenangan dan kesedihan seseorang juga diperhitungkan. Studi sebelumnya juga meneliti suasana hati, namun tak memengaruhi kepuasan atau kesejahteraan menjadi lebih besar.

“Keadaan emosi berbeda dengan menemukan kepuasan hidup. Studi sebelumnya hanya melihat pada aspek kesenangan. Yang kami lakukan adalah menggunakan sebuah ukuran yang dapat menghilangkan perbedaan tersebut,” jelasnya.

Lalu, bagaimana mengukur kepuasan dalam hidup? Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa koneksi sosial dan kesehatan mental yang baik adalah penyebabnya.

Steptoe mengungkapkan bahwa menjaga pertemanan dan interaksi sosial kemungkinan memegang peranan dalam kepuasan hidup.

“Ketika Anda memasuki usia pertengahan dan senja, investasi hubungan sosial adalah krusial. Anda mudah melupakan hal ini. Ketika semua baik-baik saja, Anda tak berusaha membangun hubungan. Namun ini adalah investasi masa depan yang dibangun saat ini,” terangnya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time