HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Langkah-langkah Riasan Ala Artis Korea

6

HARIANACEH.co.id, SEOUL – Tak hanya terkenal dengan tanaman berkhasiat ginseng merah, Korea Selatan juga terkenal dengan K-Pop dan K-Drama. Penampilan para aktris dan penyanyi menjadi “kiblat” bagi para K-popers di seluruh dunia, tak terkecuali untuk urusan riasan atau make up.

“Kali ini saya akan menunjukkan make up untuk artis yang akan menghadiri awards pada akhir tahun,” ujar perias wajah, Park Do Kyung, saat memulai sesi tutorial di studio rias wajah, di kawasan Sinchon, Seoul.

Riasan dimulai dengan base yakni mengaplikasikan dasar dengan menggunakan sapuan kuas. Langkah pertama ini menurut Park menjadi hal yang mendasar dan terbilang sulit karena harus memilih foundation yang sesuai dengan warna kulit.

“Yang paling penting dalam memilih make up adalah warna. Pakai foundation yang perisis dengan warna kulit.kalau tidak dapat warna yang persis dengan warna kulit bisa mencampur warna, buat yang cocok dengan kulit kalian,” ujar dia.

“Bagi kalian yang kulitnya sudah bagus pakai foundation sedikit saja,” sambung dia.

Langkah selanjutnya adalah menerapkan riasan pada mata dan alis. Menurut Park, para artis banyak mengaplikasikan shading mata dengan teknik warna gelap-terang.

“Soalnya orang Korea matanya banyak yang bulat, jadi diberi shading agar tidak terlalu bulat,” kata dia.

“Pertama, aplikasikan base terlebih dahulu dengan warna yang mirip dengan warna kulit,” lanjut dia.

Warna lebih terang diaplikasikan di bagian atas kelopak mata dan warna yang lebih terang diaplikasikan di daerah yang lebih dekat dengan mata, sedangkan warna yang populer digunakan adalah coklat kemerahan.

Pemilihan eyeliner juga penting, menurut Park. Untuk lebih mudah, dia menyarankan agar membuat garis mata dengan menggunakan pensil eyeliner.

Riasan eyeliner juga tergantung pada tebal kelopak mata. “Untuk mata yang besar, kalau eyeliner terlalu tebal akan menutupi kelopak mata,” ujar dia.

Sementara itu, eyeliner berwarna putih bisa saja diaplikasikan di bagian kelopak bawah mata untuk menutupi mata lelah yang biasanya berwarna merah, namun Park mengingatkan untuk menggunakannya terlalu tebal.

Berbeda dari kebanyakan orang, Park mengaplikasikan eyeliner dari ujung luar mata.

“Kemudian bagian atas mata hanya dikoreksi mengikuti garis mata. Agar lebih natural, membuat eyeliner jangan terlalu tebal,” kata dia.

Agar terlihat lentik, bulu mata kemudian dijepit dan diberi maskara. Bagi mereka yang memiliki dark circle atau “mata panda” dapat menutupi itu dengan concealer yang cocok dengan warna kulit.

Selanjutnya, alis. Hal yang paling membedakan dari artis Korea dan artis Indonesia menurut Park adalah alis.

“Artis Korea mengaplikasikan riasan alis berbentuk lurus dan agak tebal, jadi kelihatan lebih muda,” ujar dia.

“Buat alis dari belakang dulu, jangan sampai terlalu panjang, kalau alisnya panjang kelihatannya akan lebih tua, jadi sedikit panjang dari mata,” sambung dia.

Alis kemudian disikat, dan menggunakan maskara alis agar terlihat menyerupai rambut asli.

Setelah itu, Park lebih memilih menggunakan cushion dibanding bedak karena cushion memiliki mineral yang untuk menjaga kualitas kulit.

Kemudian, penerapan shading agar wajah kelihatan lebih kecil. “Ini yang rahasia dari artis Korea, padahal wajahnya besar tapi di tv kelihatan kecil,” kata dia.

“Kasihnya jangan terlalu banyak, dari pipi ke dagu. Pakai warna alami. Highlight juga dapat digunakan di bagian T,” lanjut dia.

Terakhir, untuk riasan bibir, Park menggunakan teknik ombre dengan menggabungkan dua warna lipstik, gelap dan terang.

“Yang lebih muda diterapkan di bagian luar bibir, yang lebih tua di bagian dalam jadi kelihatan lebih bervolume dan lebih muda,” ujar dia.

Dia juga memberikan tips dan trik jika warna lipstik ternyata disesuai dengan warna asli saat diaplikasikan ke bibir.

“Kalau kita sering beli lipstik tapi warna yang keluar tidak sesuai dengan yang kita inginkan, bisa pakai concealer dulu yang natural atau yang khusus untuk mulut,” tambah dia.[]

loading...