HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Gubernur BI Belanja di Blok M Square untuk Perkenalkan Uang Baru

4

HARIANACEH.co.id — Bank Indonesia (BI) baru saja meluncurkan uang rupiah dengan desain baru untuk tahun emisi 2016. Untuk memperkenalkan jenis uang baru ini ke masyarakat, Gubernur BI Agus Martowardojo langsung berburu sejumlah barang di Blok M Square. Kemudian, Agus melihat peci atau kopiah di sebuah toko. Agus langsung menanyakan harga satu buah kopiah.

“Berapa ini harganya?” tanya Agus usai mensosialisasikan penerbitan uang rupiah baru di Blok M Square, Senin (19/12/2016).

Pada kesempatan itu, Agus membayar barang belanjaannya dengan menggunakan uang baru. Sempat membuat pedagang terheran, tetapi Agus menjelaskan jika uang rupiah ini baru diterbitkan dan langsung berlaku.

Selama mengelilingi mal, Agus membeli sejumlah barang. Selain kopiah, dirinya juga membeli baju gamis, batik, dompet hingga kerajinan perak yang semuanya dibayarkan menggunakan uang rupiah baru.

Sementara itu, Agus selalu mengingatkan pedagang untuk selalu menjaga kualitas uang rupiah. Dirinya mengimbau untuk tidak menstaples, meremas, membasahi, dan melipat uang.

Veti Rahmawati (43) salah seorang pedagang mengaku belum mengetahui jika ada uang dengan desain baru yang diterbitkan bank sentral. Hanya saja dirinya menyebut jika penggunaan pahlawan dalam uang baru bisa membuka pengetahuan masyarakat mengenai pahlawan.

“Enggak tahu (ada uang baru), makanya kita kaget. Saya juga enggak mengerti. Sempet gemetar, ragu, lihat (uang) baru. Bagus itu gambar pahlawan, kita tahu pahlawan. Dengan uang baru orang tahu pahlawan,” jelas dia.

loading...