HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

KIP Bireun Wajib Melaksanakan Putusan MA

7

HARIANACEH.co.id,Banda Aceh — Pengamat politik dan hukum Aceh, Erlanda Juliansyah Putra menilai  Putusan Mahkamah Agung yang mengabulkan permohonan kasasi pasangan Saifannur-Muzakkar A Gani No. 566/K/TUN/Pilkada/2016, wajib ditindaklantuji dan dilaksanakan oleh KIP Bireun selaku penyelenggara pilkada dikabupaten bireun.

Menurutnya, KIP Bireun harus segera bertindak cepat dalam menindaklanjuti putusan tersebut. Putusan MA yang mengabulkan permohonan pasangan Saifannur-Muzakkar tersebut dapat menjadi dasar hukum bagi KIP Kabupaten Bireun untuk memasukkan kembali pasangan Saifannur-Muzakkar A Gani sebagai pasangan calon peserta pilkada dikabupaten bireun. Terlebih penegasan tersebut secara implisit sudah disebutkan didalam amar putusan, sehingga tidak ada alasan bagi KIP Bireun untuk tidak menindaklanjuti putusan tersebut.

Disisi lain, Erlanda juga menilai dikabulkannya permohonan pasangan Saifannur-Muzakkar A Gani  sebagai pasangan calon kepala daerah dikabupaten bireun ini, tidak akan menggangu jalannya tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di kabupaten bireun. Karena menurutnya,  jauh-jauh hari KIP bireun pasti telah menyusun penjadwalan dan memprediksi kemungkinan putusan seperti ini.

Walaupun disatu sisi KIP bireun harus melaksanakan sosialisasi kembali kepada pemilih terkait dengan penambahan pasangan calon ini, dan melengkapinya melalui Alat Peraga Kampanye namun itulah konsekuensinya. Namun yang terpenting menurut Erlanda dengan dikabulkannya permohonan pasangan ini, dapat dijadikan  rujukan bagi penyelenggara pilkada kedepan untuk lebih berhati-hati lagi  dalam menentukan keputusannya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time