HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mensos Ingatkan Cara ber-Indonesia

8

HARIANACEH.co.id, KALTENG – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengingatkan kembali cara ber-Indonesia dalam gelaran Puncak Bulan Bhakti Kesetiakawanan Sosial di Kantor Wali Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin.

Khofifah menegaskan bahwa Indonesia adalah satu kesatuan dari berbagai macam suku, bahasa, budaya, dan agama yang diikat oleh Pancasila sebagai dasar negara.

“Tanpa Dayak, kita bukan Indonesia. Tanpa Bugis, Makassar, Sunda, Batak, Aceh,  kita bukan Indonesia. Jadi, jangan dipisah-pisah,” kata Mensos.

Ia mengatakan tantangan Indonesia saat ini adalah menjaga kemajemukan itu sebagai sebuah kekayaan budaya sekaligus sebagai potensi efektif bagi penguatan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Oleh karena itu, kebinekaan harus berujung pada tunggal ika yang kemudian diikat oleh Pancasila. Inilah cara ber-Indonesia,” katanya.

Baca Juga

Puncak Bulan Bhakti Sosial dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dilaksanakan pada Senin (19/12) di Puskesmas Flamboyan Bawah, Kampung Kareng Bankirei Kecamatan Kereng Sabangau, SDN Mendawai Bawah, dan Balai Kota Palangka Raya.

Dalam kegiatan ini Mensos menyerahkan secara simbolis bantuan berupa akta nikah 100 pasangan, akta kelahiran 100 orang, bantuan nutrisi dan mainan untuk 500 anak, serta berbagai bantuan untuk penyandang disabilitas.

Selanjutnya, bantuan kacamata baca dan suplemen Lansia, bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Kota Palangka Raya, bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), serta bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

Mensos juga memberikan penghargaan kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) atau Organisasi Sosial Berprestasi, Karang Taruna Berprestasi tingkat nasional, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Berprestasi, TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Berprestasi, Pendamping KUBE Berprestasi, KUBE Berprestasi, Piagam Kesetiakawanan Sosial Nasional, dan Penghargaan Padma Mitra Award kepada 15 perusahaan.

Selain itu juga dilaksanakan penandatanganan prasasti Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) 2016 di empat lokasi di Provinsi Kalteng yang berada di Sampit, Kapuas, dan Murung Raya.

Peringatan puncak HKSN akan dilaksanakan di Palangkaraya pada Selasa (20/12) dan dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo.[]

loading...