HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini yang Dilakukan BI Agar Rupiah Dicintai Masyarakat Indonesia

Mata uang baru Rupiah NKRI. (FOTO: dok. googleimage)
34

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH –  Bank Indonesia secara resmi mengeluarkan uang rupiah baru tahun emisi 2016. Uang rupiah baru tersebut terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah berbentuk kertas dan empat pecahan uang rupiah dari logam.

Uang rupiah baru juga menampilkan 12 gambar pahlawan nasional. Untuk memilih tokoh pahlawan tersebut, BI melakukan konsultasi dengan pemerintah. BI juga melakukan koordinasi dengan sejarahwan dan akademisi.

Berbeda dari uang rupiah lama yang saat ini sudah beredar, rupiah emisi 2016 memiliki warna-warna yang lebih cerah dan desain yang baru. Tak hanya itu, sistem pengamanannya juga diklaim Bank Indonesia meningkat dari sebelumnya.

Lalu, bagaimana upaya BI meningkatkan rasa cinta warga terhadap rupiah baru tersebut? Hal ini mengingat beberapa tahun ke belakang uang rupiah belum mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia secara signifikan.

Lemahnya nilai tukar terhadap mata uang asing menyebabkan rupiah sulit dicintai masyarakat Indonesia sendiri. Kondisi tersebut membuat masyarakat beralih menggunakan mata uang asing sebagai salah satu alat investasi.

Menjawab hal itu, Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Peredaran Uang Bank Indonesia Provinsi Aceh, Baskoro Prih Anondo mengatakan Pemerintah Indonesia dan bank sentral setiap tahunnya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai ciri-ciri dan sistem penggunan uang rupiah.

“BI setiap tahunnya menyelenggarakan kegiatan edukasi ciri-ciri pengenalan mata uang kepada masyarakat,” kata Baskoro kepada HARIANACEH.co.id, di Banda Aceh, Selasa (20/12/2016).

Kata dia, BI juga telah melakukan MoU dengan Polri untuk memastikan tidak ada lagi transaksi di wilayah NKRI menggunakan mata uang asing. Semua transaksi di Indonesia wajib menggunakan rupiah.

Langkah itu ditempuh sebagai upaya untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap rupiah. Rupiah, kata dia, merupakan simbol kedaulatan.

Seperti diketahui, rupiah baru emisi 2016 memuat 12 gambar pahlawan baru. Hasil survey bersama pemerintah bersama Bank Indonesia, 12 pahlawan tersebut mempresentasikan NKRI. Karena ada perwakilan pahlawan dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, NTT dan Papua.” Tutup Baskoro.[]

Editor: Alfian

Komentar
Sedang Loading...
Memuat