HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pria tak Dikenal Tembak Mati Dubes Rusia untuk Ankara

9

HARIANACEH.co.id – Duta besar Rusia untuk Ankara, Andrey Karlov, ditembak mati oleh seorang pria tak di kenal di sanggar seni di ibu kota Turki, Senin (19/12/2016). Kantor berita Rusia, seperti diberitakan Antara, menyebut Andrey Karlov tewas seketika.

Kantor berita Anadolu mengatakan, seorang pria bersenjata dilumpuhkan tak lama setelah serangan. Hal ini disebutkan sebagai serangan paling parah imbas konflik Suriah di Turki.

Kementerian luar negeri Rusia memastikan serangan dilakukan saat Duta Besar Andrey Karlov berpidato pada pembukaan pameran foto. Saksi mengatakan bahwa tembakan terdengar beberapa saat setelah serangan
itu. Selain Andrey, tiga korban lain dikabarkan terluka.

Rusia dan Turki terlibat dalam perang di Suriah di seberang perbatasan, tempat lebih dari dua juta pengungsi Suriah ditampung. Turki menjadi penentang keras Presiden Bashar Assad, sementara Rusia mengerahkan tentara dan kekuatan udaranya mendukung pemimpin Suriah.

Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan belakangan saat pasukan Suriah dukungan Rusia berupaya menguasai bagian timur kota Aleppo, dan mengakibatkan banyak pengungsi.

Belum jelas siapa pelaku serangan itu. Dalam sebuah postingan di Twitter menunjukkan seorang pria dengan setelan hitam mengokang pistol dan berdiri di dekat panggung tempat Andrey berpidato. Serangan dilancarkan, empat orang tumbang termasuk Dubes Rusia untuk Ankara.

loading...