HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Tips Mengatasi Insomnia saat Menstruasi

4

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Perut kembung, kram, dan sakit melilit saat menstruasi tak hanya membuat wanita tak nyaman dalam beraktivitas, tetapi juga menyebabkan insomnia (sulit tidur pada malam hari).

Apalagi, jika hal tersebut diperparah dengan iritasi, perubahan suasana hati, sakit punggung, dan pusing. Beberapa langkah ini dapat Anda coba untuk membantu Anda tidur nyenyak kala menstruasi.

1. Hindari produk yang mengandung kafein

Dikutip Boldsky, kafein yang terdapat pada kopi dan teh mampu meredakan nyeri haid. Namun, efeknya akan menggangu siklus tidur Anda.

2. Hindari minum alkohol sebelum tidur

Alkohol memang bisa membuat tidur, namun tidak nyenyak. Hal itu membuat Anda tak segar saat terbangun.

3. Hindari olahraga sebelum tidur

Olahraga berat selama mentruasi sangat tidak dianjurkan, apalagi sebelum tidur. Namun, olahraga ringan seperti jalan cepat atau jogging tak masalah, justru membuat tidur lebih nyenyak.

4. Cukupi kebutuhan vitamin D

Sinar matahari adalah sumber utama vitamin D. Kombinasi sinar matahari pagi dan suplemen vitamin D membantu menghasilkan hormon leptin, hormon yang memberitahu otak bahwa perut sudah kenyang. Tidak makan dan minum secara berlebihan membuat perut terasa nyaman sehingga Anda akan lebih mudah terlelap.

5. Tambah asupan cairan dan kalsium

Minum banyak cairan membantu mengeluarkan sodium dari tubuh dan mencegah perut kembung. Begitu juga jika asupan kalsium di dalam tubuh cukup, secara otomatis membantu mencegah perut kembung.

6. Hindari camilan berat

Perut membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Jadi, hindari makan camilan berat sebelum tidur agar perut terasa nyaman.

7. Konsumsi kacang

Jika Anda merasa tidak bisa tidur nyenyak, cobalah konsumsi kacang agar perut merasa lebih baik.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time