HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kemenkes: Mendukung IMD sebagai Pengenalan Bayi pada Bau ASI

11

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Kementerian Kesehatan menekankan pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD) untuk meningkatkan pemberian ASI (air susu ibu) eksklusif kepada anak.

“Kami menekankan sosialisasi untuk mendukung IMD sebagai bentuk pengenalan bayi pada bau ASI,” ujar Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan dr. Eni Gustina, MPH, dalam temu media Menyambut Hari Ibu ke-81, di Jakarta, Rabu (20/12/2016).

IMD dilakukan dengan cara menempatkan bayi di atas dada ibu segera setelah dilahirkan agar bayi dapat mencari puting susu ibu untuk menyusu.

Angka pemberian ASI eksklusif tercatat pengalami peningkatan pada 2016, dengan persentase keseluruhan sebesar 21,5 persen, di mana 20,5 persen untuk perkotaan dan 22,4 persen pada masyarakat pedesaan.

Salah satu penyebab dari peningkatan tersebut adalah mulai munculnya para pejuang ASI, dan semakin banyaknya dukungan untuk melakukan program tersebut, terutama pada ibu yang bekerja.

“Tren penyimpanan ASI dan sudah adanya peralatan pendukung untuk ibu menyusui, salah satunya ruangan khusus (ruang laktasi), membuat angka ASI Ekslusif meningkat,” terangnya.

loading...