HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Debat Kandidat Cagub Aceh Dinilai Kurang Maksimal

7

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Pengamat politik dan hukum Aceh Erlanda  Juliansyah Putra S.H., M.H. menyayangkan kualitas hasil debat kandidat gubernur aceh dan wakil gubernur aceh yang berlangsung semalam kurang memaksimalkan waktu yang ada.

Menurutnya pasangan calon gubernur dan wakil gubernur aceh yang berdebat semalam tidak memaksimalkan waktu dengan baik, padahal dengan terbatasnya waktu seharusnya pasangan calon bisa menjawab secara singkat dan tepat langsung kepada point pentingnya saja.

Misalnya dalam persoalan jaminan keamanan, pemberantasan narkoba, dan penanggulangan bencana yang di persiapkan oleh para panelis melalui moderator, hanya sebahagian calon saja yang mampu memaksimalkan jawaban ini, selebihnya tidak begitu tajam dan lugas dalam menjawabnya.

Begitu juga disaat sesi tanya jawab antar kandidat yang dimanfaatkan oleh para pasangan calon untuk menyerang personal kandidat ketimbang visi misinya.

Padahal alangkah lebih baiknya apabila yang ditanya adalah terkait penjabaran visi misi dan program kerjanya. Walaupun ada juga yang secara nyata mengarah ke pertanyaan itu namun jawabanya masih belum begitu baik.

Namun secara keseluruhan debat semalam sudah cukup baik, hanya masalah teknis menjawab saja yang harus dimaksimalkan kedepannya.

Mungkin paslon bisa memaksimalkannya pada debat kedua nanti di bulan januari, karena semalam baru yang pertama mungkin paslon masih agak grogi dalam menjawabnya, kedepan pasti akan berbeda.

Erlanda yang juga hadir pada debat semalam juga sangat mengapresiasi para timses yang hadir semalam, suasananya  sangat bersahabat,  tertib dan damai ini yang harus dipertahankan oleh timses kita, karena memang sesuai dengan selogan penyelenggara pilkada bahwa pilihan boleh berbeda getanyo tetap mesyedara, itu wajib dipertahankan. Ujarnya.[*]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time