HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Donald Trump Janjikan Perubahan di Tubuh PBB Usai Voting Israel

3

HARIANACEH.co.id, NEW YORK – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengomentari lolos Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB), yang mendesak Israel menghentikan pembangunan pemukiman di lahan Palestina.

Trump bersumpah bahwa dirinya akan mengubah kebijakan politik AS terhadap PBB, setelah dirinya resmi menjabat sebagai Presiden AS.

Twitt itu muncul setelah pemerintahan Presiden Barack Obama memutuskan untuk tidak menjatuhkan veto terhadap Resolusi 2334 tersebut. Ini langkah yang jarang diambil oleh AS, yang selama ini dianggap kerap melindungi Israel.

Selama kampanye Pilpres AS, Trump berjanji untuk mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Selain itu, dia juga akan menunjuk David Friedman sebagai Dubes AS di Israel. Friedman selama ini dikenal sebagai pendukung Israel garis keras.

Sebelumnya, AS memveto resolusi serupa pada 2011. Ini adalah satu-satunya veto yang dikeluarkan oleh pemerintahan Obama dalam DK PBB.

Secara total, Negeri Paman Sam menggunakan hak vetonya sebanyak 30 kali untuk memblokir resolusi menyangkut Israel dan Palestina. Sikap abstain terakhir diambil AS pada 2009, terkait imbauan untuk gencatan senjata di Gaza.

Proses perdamaian Timur Tengah sudah terhenti sejak April 2014. Prancis pun mengumumkan rencana menjadi tuan rumah konferensi internasional terkait Palestina pada 15 Januari, yang juga membahas solusi dua negara.

loading...