HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penggerebekan Polisi Thailand Berhasil Selamatkan Bayi Orangutan

11

HARIANACEH.co.id – Polisi Thailand menyelamatkan dua bayi orangutan dalam operasi penggerebakan setelah petugas yang menyamar pura-pura membeli primata itu lewat aplikasi pesan ponsel dari pedagang satwa liar senilai hampir USD20 ribu.

Pembocor informasi anonim memberitahu polisi mengenai iklan daring jual-beli hewan yang terancam punah, yang berusia kurang dari satu tahun dan seukuran bayi.

Polisi kemudian menyamar sebagai pembeli dan menghubungi penjual lewat WhatsApp, menurut wakil direktur taman nasional Adisorn Noochdumrong.

“Mereka sepakat membeli dua orangutan seharga 700.000 Baht (USD19.400) dan mentransfer 100.000 baht uang muka ke rekening bank milik seorang pria Thailand,” katanya kepada AFP, Sabtu (24/12/2016).

Para petugas yang menyamar beraksi untuk mengambil bayi kera itu di luar sebuah supermarket Bangkok pada 21 Desember, di mana makhluk berbulu oranye tersebut dikirimkan lewat seorang sopir taksi kota.

Supir ditangkap tetapi dinyatakan bersih setelah pihak berwenang meyakini dia bukan bagian dari komplotan penyelundupan, menurut polisi hutan Anothorn Srithongbai.

“Sejauh ini para pedagang yang asli telah melarikan diri, masih dalam penyelidikan,” tambahnya.

Orangutan adalah binatang asli Malaysia dan Indonesia, tetapi mereka sering secara ilegal diselundupkan di seluruh Asia Tenggara, baik untuk kebun binatang pribadi atau sebagai hewan peliharaan.

Thailand telah lama menjadi pusat transit bagi produk satwa liar selundupan menuju pasar utama seperti Vietnam dan Tiongkok.

Organisasi kontra-perdagangan satwa liar Freeland, yang membantu penyelamatan orangutan, berkata, upaya penjualan dikaitkan dengan “sindikat kriminal regional besar” yang terlibat dalam perdagangan satwa liar yang menguntungkan.

Sosial media telah menjadi alat pemersatu bagi geng tersebut untuk mengatur penjualan, kata Matthew Pritchett dari Freeland. “Kasus ini adalah salah satu jejaring dalam rantai yang jauh lebih besar,” pungkasnya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time