HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kecelakaan Pesawat Militer Rusia Tewaskan 92 Orang Penumpang

10

HARIANACEH.co.id, MOSKOW – Pesawat militer Rusia jatuh di Laut Hitam. Tidak ada tanda-tanda selamat dari 92 orang yang ada di dalam pesawat, termasuk Orkestra Tentara Merah.

Menteri Pertahanan Igor Konashenkov mengatakan, pesawat Tu-154 menukik tak lama setelah lepas landas dari selatan Kota Adler, tempat mengisi bahan bakar. Burung besi hilang dari radar dua menit setelah lepas landas pada 05.25 waktu setempat.

Lokasi jatuhnya pesawat tengah diperiksa dengan tipis harapan dari para korban untuk selamat. Sepuluh jenazah telah dievakusi sedangkan 100 penyelam diterjunkan untuk mencari sisa korban di dalam laut.

“Fragmen dari pesawat Tu-154 dari Kementerian Pertahanan Rusia ditemukan 1,5 kilometer dari pantai Laut Hitam Kota Sochi pada kedalaman 50 sampai 70 meter,” kata Igor, Minggu (25/12/2016).

Duka mendalam pun menyelimuti Rusia. Presiden Vladimir Putin mengatakan kepada televisi pemerintah bila Senin, 26 Desember, ditetapkan sebagai hari berkabung nasional.

Pesawat berada di penerbangan rutin ke Pangkalan Udara Hmeimim Rusia di Suriah barat. Kendaraan ini telah digunakan untuk meluncurkan serangan udara dalam kampanye militer Moskow yang mendukung sekutunya Presiden Bashar al-Assad dalam perang sipil Suriah.

Di antara 84 penumpang pesawat adalah 64 anggota Ansambel Alexandrov, grup musik resmi tentara juga dikenal sebagai Orkestra Tentara Merah dan konduktor Valery Khalilov. Mereka menuju ke Suriah untuk berpartisipasi dalam perayaan tahun baru di pangkalan udara.

Pesawat juga membawa sembilan wartawan. Sementara itu, ada delapan awak onboard.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time