HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Piala Dunia 2026 Pakai 48 Negara, 16 Grup?

7

HARIANACEH.co.idPresiden FIFA, Gianni Infantino, tetap kukuh soal penambahan jumlah kontestan Piala Dunia menjadi 48 tim. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan 16 grup.

Sejak 1998, Piala Dunia menggunakan 32 negara dan terbagi rata ke dalam 8 grup. Infantino punya ide agar jumlah negara itu bisa diperbanyak menjadi 48 pada Piala Dunia 2026.

Usulan itu sempat menimbulkan sikap defensif dari sejumlah kalangan. Namun, Infantino tetap kukuh bawah ide penambahan kontestan putaran final Piala Dunia itu bukan hal yang mustahil.

“Saya tetap yakin bisa melakukan penambahan jumlah peserta menjadi lebih banyak dari 32 negara,” ujar Infantino pada International Sports Conference di Dubai, Selasa (27/12/2016), seperti dilansir dari ESPN FC.

“Kami masih mempetimbangkan apakah jumlah peserta itu meningkat menjadi 40 atau 48 tim. Format 48 tim itu juga akan menghabiskan periode waktu yang sama seperti saat ini. Sejumlah federasi juga tampak setuju,” tuturnya lagi.

Pekan lalu, FIFA telah mengumumkan analisis terkait penambahan jumlah peserta. Dari analisis mereka, format 32 negara tetap yang terbaik, tetapi peningkatan menjadi 48 kontestan juga bisa menghasilkan kualitas serupa.

Menurut mereka, dari lima opsi, format terbaik dengan 48 peserta adalah membaginya ke 16 grup dengan masing-masing berisi tiga negara. Dua tim teratas masing-masing grup akan melangkah ke babak 32 besar.

“Pembagian menjadi 16 grup dan berisi tiga negara merupakan format terbaik untuk Piala Dunia dengan 48 peserta, dianalisis dari sejumlah sisi,” tulis penjelasan FIFA.

Secara keseluruhan, dengan total 80 pertandingan, Piala Dunia diperkirakan akan selesai dalam waktu 32 hari. Periode waktu tersebut sama dengan penyelenggaraan saat ini.

FIFA akan membahas lebih lanjut terkait format Piala Dunia ini pada pertemuan bulan depan. Mereka menilai, penimbahan jumlah peserta tidak berdasar pada alasan finansial, melainkan upaya mengembangkan sepak bola. []

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time