HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pascagempa, KIP Pidie Jaya Pastikan Pilkada Tidak Terganggu

8

HARIANACEH.co.id, PIDIE JAYA – Pascagempa yang melanda Pidie Jaya, Provinsi Aceh, 7 Desember lalu, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya mengatakan bahwa akibat yang ditimbulkan bencana tersebut tidak mengganggu tahapan pemilihan kepala daerah.

Hal itu disampaikan Ketua KIP Pidie Jaya, Musman di kantornya, Rabu malam 28 Desember 2016 saat menerima kunjungan tim  KIP Aceh bersama anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional dan KPU pusat.

Kunjungan para pejabat pusat itu bertujuan memantau kesiapan pilkada di wilayah yang baru saja dilanda gempa. “Seluruh penyelenggara di lapangan siap melaksanakan pilkada, jadi tidak ada alasan terganggu ataupun ditunda,” kata Musman.

Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi mengatakan telah mengunjungi Pidie Jaya untuk memantau kesiapan pilkada. Dia menyimpulkan tidak ada gangguan yang berarti bagi pelaksanaan pesta demokrasi di wilayah tersebut.

Pekan lalu, KIP Aceh juga telah mengirimkan alat peraga kampanye ke Pidie Jaya untuk dipasang di desa-desa. “Dan alat peraga itu saya lihat telah dipasang dengan baik,” tuturnya.

Anggota Komisi II DPR Arteria Dahlan berujar kedatangannya ke Pidie Jaya adalah untuk mendengarkan apa saja kendala yang dihadapi penyelenggara pilkada setempat. “Saya memberikan apresiasi kepada KIP Pidie Jaya dan jajarannya yang terus semangat dalam menyukseskan pilkada, kendati baru dilanda musibah.”

Arteria ikut melihat kantor KIP Pidie Jaya yang retak-retak akibat gempa 6,5 skala Richter. Dia juga menanyakan sejumlah kesiapan lainnya di tingkat kecamatan dalam diskusi yang juga diikuti oleh panitia pemilihan kecamatan.

Pidie Jaya dalam pilkada serentak 2017 hanya melaksanakan pemilihan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh. Pilkada untuk Pidie Jaya sendiri baru digelar pada 2018. Kabupaten tersebut membawahi delapan kecamatan, 222 gampong, dan 270 TPS. Total terdapat 106.577 pemilih.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time