HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

KPK Temukan Rp2 Miliar dan Pecahan Dolar AS Saat OTT Bupati Klaten

6

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap ada delapan orang yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (ott) di Klaten, Jawa Tengah pada Jumat (30/12), pagi. Salah satu yang ditangkap adalah Bupati Klaten, Sri Hartini.

“Delapan orang, terdiri dari satu penyelenggara negara (Bupati Klaten), empat PNS dan tiga non PNS,” ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (30/12), malam.

KPK juga telah melakukan pemeriksaan awal terhadap delapan orang tersebut di Kepolisian Daerah DI Yogyakarta. Hasilnya, diketahui operasi tangkap tangan berkaitan dengan pengisian jabatan sejumlah posisi di Pemerintah Kabupaten Klaten.

Dari tangkap tangan juga, tim KPK mengamankan dokumen dan uang sekitar Rp 2 miliar beserta uang pecahan dolar Amerika. “Uang sedang dihitung, tapi jumlahnya sekitar Rp 2 miliar, diletakkan dalam dua kardus dan ada sekitar 100 dolar AS,” kata Febri.

Uang tersebut juga berkaitan dengan penerimaan suap untuk pengisian jabatan di Pemkab Klaten. Diduga, pemberian tidak hanya berasal satu pihak pemberi saja. Namun, Febri belum dapat mengungkap siapa saja pihak tersebut. Saat ini, delapan orang tengah dalam perjalanan menuju Gedung KPK, Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

KPK mempunyai waktu paling lama 1×24 jam untuk menentukan status delapan orang tersebut. “Saat ini sedang proses lebih lanjut maksimal 1×24 jam peningkatan status penyelidikan ke penyidikan, besok dipastikan terkait proses penyidikan siapa yang ditetapkan tersangka dan apa saja yang dilakukan penyitaaan dan lebih lanjut,” katanya.[]

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time