HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pemberontak ISIS Diserang Pasukan Irak di Mosul

10

HARIANACEH.co.id, MOSUL — Pasukan keamanan Irak kembali melancarkan serangan terhadap IS di tenggara distrik Mosul. Serangan ini sempat terhenti selama sebulan.

“Pasukan kami sekarang maju. Dalam lima atau sepuluh menit pertama, mereka sudah melangkah 500 meter. Sekarang, mereka mulai menembak,” kata petugas dari pasukan gerak cepat sebagai kesatuan elit Kementerian Dalam Negeri Irak seperti dikutip Reuters, Kamis (29/12/2016).

Pasukan tersebut maju hingga distrik Intisar. Sedangkan ribuan pasukan kepolisian federal disiagakan kembali di pinggiran kota wilayah tenggara Mosul.

Pertempuran di Mosul melibatkan 100 ribu anggota pasukan Irak, anggota pasukan keamanan Kurdi, dan kelompok milisi Syiah. Misi ini adalah gerakan darat terbesar di Irak sejak serbuan pimpinan pasukan Amerika Serikat pada 2003.

Sejumlah tentara elit Irak kembali mengambil alih markas di Mosul yang merupakan markas terbesar kelompok garis keras di Irak. Mereka maju secara perlahan untuk menekan musuh.

Tahap selanjutnya akan hadir militer AS sebagai bagian dari koalisi internasional menghadapi kelompok garis keras ISIS. Para penasihat itu berperan lebih besar karena mereka akan melekat lebih luas dengan pasukan Irak.

Mosul, kota terbesar dikuasai IS dalam memperluas penguasaan wilayah di Irak dan Suriah, dikendalikan kelompok tersebut sejak pemberontak berhasil mengusir militer Irak, yang dilatih AS pada Juni 2014.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time