,

Lagi, Aceh Tracker Lanjutkan Ekspedisi JAPAKEH ke-IX

HARIANACEH.co.id, LANGSA – Aceh Tracker bersama UKM-PA Jempa Universitas Samudera Langsa akan melaksanakan Ekspedisi Jelajah 100 Puncak Aceh (JAPAKEH) – IX 2017. Ekspedisi itu akan dimulai 28 Januari-11 Februari 2017.

Eksedisi Jelajah 100 Puncak Aceh (JAPAKEH) adalah bagian dari program eksplorasi studi potensi kawasan yang dirancang Aceh Tracker sejak Maret 2012, lalu sebagai langkah strategis dalam menginventarisir potensi, biodiversity maupun akses/rute pendakian  100 gunung di Aceh untuk periode pertama 2012-2022.

Kegiatan Ekspedisi JAPAKEH IX 2017 menargetkan Puncak Gn.Kurik (3085 meter diatas permukaan laut) yg merupakan “Atap Daratan Aceh Timur”. Berdasarkan informasi yang ditelusuri dari berbagai sumber, sampai saat ini belum ada Tim yang telah mencapai kedua Puncak Gunung Kurik. Meskipun tidak tertutup kemungkinan, gunung tersebut pernah dilintasi Tim Belanda (pada 1930-an).

Bagi Aceh Tracker, menggapai Gn.Kurik via Gn.Lembu adalah melanjutkan (menyambung) jalur pendakian yang sudah dirintis beberapa tahun lalu. Meskipun demikian, 2 x mencapai puncak Pilar Gn.Lembu tidak membuat jalur lintasan terkesan mudah dijelajahi. Karena di atas ketinggian 2800mdpl di kawasan tersebut adalah area terbuka dengan jenis vegetasi perdu yang sulit menahan hempasan/sapuan badai.

Adapun Tim JAPAKEH – IX 2017 terdiri dari Said Murthaza (32) sebagai Ketua Tim, TM. Haqqi Annazil (23) Wakil Ketua Tim, Faisal Bachri (25) Agt.Tim, Musliandar (20) Agt.Tim dan R.K. Sufardy (20) Agt.Tim.

Seperti diketahui, pada awal Desember lalu, 3 personil Aceh Tracker melalui Ekspedisi JAPAKEH – VIII 2016 telah berhasil mencapai Puncak Segama (Pilar S.214/1965,4mdpl) yang merupakan “Atap Daratan Aceh Tamiang’ selama 13 hari penjelajahan.

Sampai dengan akhir 2016, Tim JAPAKEH telah mengeksplorasi 14 gunung di 6 wilayah kabupaten di Aceh yaitu Aceh Besar (8 puncak), Pidie (2), Bireun (1 puncak), Gayo Lues (1), Aceh Timur (1) dan Aceh Tamiang (1). Sejak digelar mulai Maret 2012 hingga saat ini, pendanaan Ekspedisi JAPAKEH yang secara militan terus dilanjutkan adalah murni swadaya dan donasi rekan kolega ACEH TRACKER. Tidak termasuk Pemerintah. (*)

 

Editor: Eko Densa

loading...
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, mengikuti rangkaian Tes Kesehatan di Rumah Sakit Zainal Abidin, Sabtu (24/9)

Irwandi Janji Kawal Rekonstruksi Pascagempa Pijay

Illiza dan Risma Berfoto bersama dalam acara kampanye akbar pasangan calon Illiza dan Farid. (HARIANACEH.co.id/Eko Denny Saputra)

Tri Rismaharini Hadiri Kampanye Akbar Illiza dan Farid