Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Apple Kena Tuntut Atas Masalah Aplikasi Video Chat FaceTime

Aplikasi Video Chat FaceTime. (theibulletin.com)
59

HARIANACEH.co.id – Apple pernah dituntut karena membuat produk yang memaksa pengguna untuk sering melakukan upgrade. Sekarang, Apple dituntut terkait FaceTime.

Menurut tuntutan yang dimasukkan ke pengadilan di California pada hari Kamis lalu, Apple dengan sengaja membuat aplikasi video chat FaceTime tidak bisa bekerja pada perangkat yang menggunakan iOS 6 atau yang lebih lama.

Advertisement

Advertisement

Tujuannya, lapor DigitalTrends, adalah untuk menghindari ongkos yang mahal dari Akamai, perusahaan server yang Apple minta untuk mengurus konten multimedia.

AppleInsider melaporkan, Apple menggunakan 2 metode agar pengguna dapat memanfaatkan FaceTime sejak ia diluncurkan pada 2010. Pertama, teknologi peertopeer, yang memancarkan data audio dan video via hubungan langsung antara dua iPhone. Metode kedua menggunakan metode “relay”, sehingga trafik FaceTime akan melalui server Akamai.

Pada awalnya, panggilan telepon hanya mencapai 5-10 persen dari total trafik Akamai. Namun, penggunaan FaceTime dengan cepat melonjak. Pada periode antara 2013 dan 2016, Apple harus membayar USD50 juta atau sekitar USD8.3 juta per bulan.

Tidak hanya itu, perusahaan pembuat iPhone ini juga terpaksa berhenti menggunakan teknologi peer-to-peer karena adanya tuntutan dari VirnetX. Pada bulan November 2012, juri memutuskan Apple telah menggunakan paten jaringan milik perusahaan tersebut dan memaksa mereka membayar USD368 juta.

Dokumen pengadilan ketika itu menunjukkan bahwa eksekutif Apple khawatir akan besarnya ongkos yang mereka bayarkan untuk server FaceTime. Mereka bahkan menyebarkan email internal dengan judul “Cara Mengurangi Penggunaan Relay” di antara para teknisi FaceTime.

Apple kemudian memanfaatkan teknologi peer-to-peer untuk mengurangi ongkos server. Teknologi ini digunakan pada iOS 7, tapi ia tidak kompatibel dengan perangkat yang menggunakan iOS 6.

Tuntutan ini menuduh Apple membuat rencana untuk “merusak” FaceTime pada iOS 6 dan versi sebelumnya dengan menyebabkan sertifikat aplikasi — tanda digital yang membuktikan integritas aplikasi dan memungkinkannya untuk diluncurkan — habis masa berlakunya pada 2014. Mereka kemudian menyebutkan adanya bug sebagai penyebab masalah itu.

Dalam dokumen tuntutan, terdapat 2 bukti. Pertama email yang dikirimkan antara teknisi Apple, Patrick Gates dan Gokul Thirumalai. Bukti kedua berupa halaman support Apple yang menyebutkan bahwa FaceTime tidak lagi kompatibel dengan iOS 6.

“Hai semua, saya sedang meninjau kontrak Akamai untuk tahun depan. Saya tahu kita melakukan sesuatu pada iOS 6 sekitar bulan April untuk mengurangi penggunaan relay,” kata seorang manager teknisi Apple.

Seorang teknisi Apple membalas, “Ia memakan bandwidth relay yang sangat besar. Kami berusak iOS 6. Satu-satunya cara untuk dapat kembali menggunakan FaceTime adalah dengan melakukan upgrade ke iOS 7.”

Karena itulah, pengguna dengan perangkat iOS 6 terpaksa harus melakukan upgrade ke iOS 7. Namun, iOS 7, menurut tuntutan terhadap Apple, menyebabkan perangkat-perangkat tua seperti iPhone 4 dan 4s menjadi lambat dan sering crash.[]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya