HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Majalah Der Spiegel Pasang Foto Donald Trump Penggal Kepala Patung Liberty

2

HARIANACEH.co.id, BERLIN – Majalah mingguan asal Jerman Der Spiegel membuat cover kontroversial dengan gambar ilustrasi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang memenggal kepala patung Liberty. Cover majalah ini menjadi perbincangan baik di Jerman maupun dunia internasional.

Dalam ilustrasi tersebut menggambarkan sosok kartun Presiden ke 45 Amerika Serikat itu dengan pisau yang berlumuran darah di tangan kanannya. Sementara itu, tangan kirinya memgang kepala patung liberty yang sudah terpenggal. Cover tersebut berjudul Amerika Pertama.

Seniman perancang cover tersebut diketahui bernama Edel Rodriguez. Seorang berkebangsaan Kuba yang datang pertama kali ke Amerika Serikat tahun 1980 sebagai pengungsi politik.

“Ini adalah pemenggalan demokrasi, pemenggalan dari simbol suci,” kata Edel seperti dikutip Reuters, Sabtu 4 Februari 2017. Kedutaan Besar Amerika Serikat di Berlin tidak mengomentari terkait cover majalah ini.

Cover majalah ini menimbulkan perdebatan di twitter dan media-media di Jerman dan internasional. Wakil Presiden Parlemen Eropa sekaligus anggota Partai Demokrat Liberal Jerman Alexander Graf Lambsdorff mengomentari cover majalah tersebut hambar.

Hubungan Amerika Serikat dan Jerman di era Trump mengalami penurunan. Bulan lalu, Trump mengatakan, Kanselir Jerman Angela Merkel membuat bencana besar dengan membuat kebijakan migrasi pintu terbuka. Minggu ini, penasihat perdagangan Trump mengatakan, Jerman telah memanfaatkan penurunan nilai mata uang euro untuk mendapatkan keuntungan lebih besar dari Amerika Serikat dan mitra dagang mereka di Eropa.

loading...