Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Perangi Terorisme, Tunisia Terima 6 Helikopter Tempur AS

HARIANACEH.co.id, TUNIS – Angkatan bersenjata Tunisia menerima enam helikopter tempur buatan AS dari total 24 yang dipesan untuk memerangi terorisme.

Perdana Menteri Youssef Chahed hadir di pangkalan militer Gabes saat keenam helikopter tiba pada Sabtu 4 Februari.

“Keenam helikopter ini akan memperkuat kapabilitas pengintaian dan serangan Tunisia dalam perang melawan terorisme,” tutur PM Chahed, seperti disitat AFP.

Seorang pejabat pemerintah Tunisia mengatakan enam helikopter jenis Bell OH-58D Kiowa Warrior adalah gelombang pertama pengiriman dari total 24 sisanya yang berjenis sama.

Sisa 18 unit helikopter akan dikirim ke Tunisia pada Maret mendatang.

Helikopter terbaru ini didesain untuk dapat beroperasi pada siang dan malam. Jenis misi yang bisa dilakukannya adalah “pengintaian, keamanan, dukungan utara, pengawasan dan penentuan target.”

Mei tahun lalu, Kementerian Luar Negeri AS menyetujui penjualan helikopter ke Tunisia dengan total biaya USD100,8 juta.

“AS berkomitmen terhadap keamanan Tunisia. Merupakan hal penting bagi AS untuk membantu Tunisia dalam mengembangkan serta mempersiapkan sistem pertahanan diri yang kuat,” ujar perwakilan Agensi Kerja Sama Keamanan Pertahanan AS.

Perjanjian pengiriman helikopter akan “membantu meningkatkan kemampuan Tunisia dalam operasi di perbatasan, termasuk dalam menghadapi grup al-Qaeda in the Islamic Maghreb atau AQIM, Islamic State (ISIS) dan Ansar al-Sharia.

Tunisia telah menjadi target serangan teroris sejak revolusi pada 2011. Sebagian besar serangan ditujukan kepada turis asing.

PBB mengestimasi lebih dari 5.000 orang Tunisia telah bergabung dengan grup ekstremis, sebagian besar di Irak dan Suriah.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya