Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Subsidi LPG 3 Kg tetap Berjalan

HARIANACEH.co.id, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan penyaluran subsidi LPG 3 Kilogram (Kg) tepat sasaran menggunakan kartu akan tetap berjalan meskipun belum ada kesepakatan kartu yang digunakan nanti bakal terintegrasi dengan kartu kombo yang dikeluarkan Kementerian Sosial dan Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Seperti diketahui, Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla memang berencana menerbitkan Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) yang terintegrasi seluruh bantuan sosial pemerintah kepada masyarakat miskin, seperti beras sejahtera, dana bantuan pangan, dana subsidi, dan lain-lainnya.

Direktur Pembinaan Hilir Minyak dan Gas Bumi (Migas), Direktorat Jenderal Migas, Kementerian ESDM, Setyo Rini Tri Utami mengatakan, saat ini Kementerian ESDM dan Kementerian Sosial sedang berusaha memadukan data-data yang ada. Namun, penyaluran subsidi LPG 3 Kg harus terlaksana lebih awal karena penyaluran subsidi LPG 3 Kg ini sudah yang paling siap dan merupakan perintah presiden.

“Akan ada kartu, tapi tidak kartu sendiri. Nanti jadi sama kayak kartu Kemensos. Jadi ada wallet-wallet dalam satu kartu. Kalau LPG mulai duluan, makanya wallet-nya LPG mulai dulu. Kalau sudah disitu, Kemensos masuk, jadi nambah wallet,” kata Rini di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Rabu 8 Februari 2017.

Rini menjelaskan, penyaluran LPG 3 Kg menggunakan kartu ini tidak bisa dilakukan bertahap seperti penyaluran kartu bantuan sosial. Paling tidak, penyalurannya dilakukan serempak di satu daerah. Daerah-daerah yang dinilai sudah siap akan diterapkan penyaluran subsidi LPG tepat sasaran lebih dulu.

“Kalau LPG tidak bisa bertahap, langsung serentak paling tidak satu daerah tertutup,” ujar dia.

Meskipun belum terintegrasi dengan kartu kombo Kemensos, Ia optimisis penyaluran LPG 3 Kg menggunakan kartu ini dapat berjalan sesuai jadwal yaitu Maret 2017. Masyarakat miskin dan rentan miskin yang sudah masuk dalam data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dapat membeli LPG 3 Kg bersubsidi dengan menggunakan kartu.

“Kalau diomongin mundur kan pesimistis. Kita maju terus,” pungkas dia.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya