Masa Tugas Akan Berakhir, Ini Kesan Plt Gubernur Aceh

2 min


60
43 shares, 60 poin

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Akhir masa jabatan Mayjen TNI (Purn) Soedarmo sebagai Plt Gubernur Aceh pada tanggal 11 Februari 2017 mendatang tinggal hitungan hari. Sebelumnya ia dipercaya untuk menjalankan tugasnya sebagai Plt Gubernur Aceh mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017 esok. Namun dalam perjalanan karirnya selama menjabat sebagai orang nomor satu di Aceh itu memiliki kesan tersendri baginya.

Salah satunya Soedarmo banyak belajar tentang pengalaman menarik selama ia bertugas di Bumi Serambi Mekkah.

“Saya banyak kesan selama di Aceh, tentunya banyak pesan-pesan positif yang saya dapat disini, dan saya lebih paham terhadap bagaimana bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelasnya saat ditemui awak media usai acara Penutupan Masa Persidangan I DPR Aceh Tahun 2017 Terhadap Penetapan Qanun Aceh tentang APBA Tahun 2017 di Gedung Utama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Rabu (8/2/2017) Banda Aceh.

Soedarmo juga menambahkan bahwa selama masa jabatan 3,5 bulan di Aceh ia semakin paham dalam menghadapi masyarakat yang memiliki latar belakang yang berbeda.

“Setelah 3,5 bulan saya di Aceh, kita paham betul bagaimana berhadapan dengan masyarakat yang memang berbeda suku dan budaya. Oleh karena itu yang terpenting adalah bahwa kita memang harus bisa memahami terhadap kearifan lokal termasuk memahami budaya dari daerah-daerah yang berbeda dengan daerah saya berasal,” ujarnya

Advertisements

Selain itu Pria kelahiran Tulung Agung, Jawa Timur, 28 September 1956 itu menjelaskan bahwa hal yang paling penting adalah bagaimana kita bisa menghargai adat dan budaya suatu daerah.

“Kalau kita paham pada budaya itu, maka kita akan nyaman dan tenang tinggal dimanapun. Yang terpenting itu, kita menghargai, mengikuti terhadap budaya-budaya atau adat-adat yang ada di wilayah itu, khususnya wilayah Aceh ini,” jelas pria lulusan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) Tahun 1983 itu.

Namun hal menariknya, suami dari Ida Yuliati Soedarmo itu mengatakan selama ia di Aceh hidupnya nyaman, bahkan mengalami kenaikan berat badan.

“Saya selama disini (Aceh) bisa naik berat badan saya dari 79Kg dan sekarang menjadi 84Kg. Berarti kan naik 5 Kilo, artinya saya enjoy bisa menikmati tinggal di Aceh ini,” ujarnya dengan wajah tersenyum.

Advertisements

Sementara itu ia menilai bahwa makanan di Aceh itu semuanya enak.

“Bukan hanya kuah beulangong yang saya makan, tapi hampir semua makanan, dan disini cuma ada dua rasa, antara enak dan enak sekali. Itu yang saya rasakan,” ujar pria yang memiliki dua orang putra dan dua putri itu.

Seperti diketahui, sebelum menjabat sebagai Plt Gubernur Aceh, Soedarmo bermula sebagai Direktur Jenderal Politik dn Pemerintahan Umum Kemendagri pada pertengahan 2015. Sebelum mengisi jabatan tersebut Soedarmo beralih status menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Perwira Tinggi TNI Angkatan Darat dengan jabatan terakhir sebagai Staf Ahli Bidang Ideologi dan politik, Badan Intelijen Negara (BIN).

 

Editor: Eko Densa

Advertisements

Bagikan ke teman anda!

60
43 shares, 60 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
2
Suka
Takjub Takjub
26
Takjub
Kaget Kaget
24
Kaget
Takut Takut
21
Takut
Lucu Lucu
18
Lucu
Sedih Sedih
13
Sedih
Marah Marah
10
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns