Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Angin Kencang, Ikan di TPI Lampulo Mulai Langka

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Gelombang tinggi yang melanda perairan Banda Aceh dalam dua Minggu terakhir membuat hasil tangkapan nelayan minim, sehingga menyebabkan harga ikan melambung. Bahkan, beberapa nelayan mengurungkan niatnya melaut akibat angin kencang.

Rudi (40) seorang agen ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lampulo, Banda Aceh mengatakan, produksi ikan saat ini tidak banyak karena nelayan tidak ingin mengambil risiko saat  cuaca ekstre,seperti ini. Para nelayan hanya dapat duduk dan mencari mengisi aktivitasnya sendiri dikapal.

“Sudah 2 minggu ikan tidak banyak karena  faktor cuaca alam. Para nelayan banyak memilih tidak melaut, karena seperti angin kencang sekarang ini,” kata Rudi saat ditemui HARIANACEH.co.id, di TPI Lampulo, Senin (13/2/2017) sore.

Naiknya harga ikan disebabkan karena ikan dipasok dari luar melalui darat. Biasanya, hasil tangkapan nelayan bisa mencapai 25 ton per hari.

“Ikan mahal karena nelayan disini tidak melaut. Ikan bersumber dari luar daerah, seperti dari Aceh Timur. Jadi harga ikan menjadi mahal karena ongkos  biaya pengiriman kemari,” tutupnya.

Seperti diketahui,apabila cuaca normal, biasanya hasil tangkapan nelayan di TPI Lampulo bisa mencapai 25 ton per hari. Namun akibat angin kencang  saat ini hasil tangkapan ikan dari para nelayan hampir tidak ada. []

 

Editor: Eko Densa

 

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya