Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Koalisi Pemantau Pilkada Desak Panwaslih Aceh Usut Tuntas Kasus Pelanggaran Selama Pilkada

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Koalisi Pemantau Pilkada yang terdiri dari Forum LSM Aceh, Jaringan Survey Inisiatif (JSI), Institute for Development of Acehnese Society (IDeAS) dan Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyelenggarakan konferensi pers terkait kasus-kasus pelanggaran yang terjadi pada saat pelaksanaan Pilkada 2017 di Aceh.

Hal ini disampaikan di Kantor Forum LSM Aceh, Kamis (16/2/2017) di Banda Aceh, oleh Jaringan Survey Inisiatif (JSI), Aryos Nivada bahwa masih banyak praktek pelanggaran-pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada 2017 yang terjadi di Aceh.

“Dari data yang kita peroleh, kasus pelanggaran yang telah dikomfirmasi dari 16 Kabupaten/Kota di Aceh sebanyak 19 kasus,” ungkap Aryos kepada awak media.

Aryos juga menambahkan bahwa kasus pelanggaran yang sering ditemukan salah satunya adalah intimidasi.

“Namun berdasarkan jenisnya, bentuk-bentuk pelanggaran yang telah kita pantau seperti, intimidasi dan teror, money politic (politik uang), pencoblosan ganda dan penghilangan hak pilih,” tambahnya.

Sementara itu ia juga menjelaskan bahwa wilayah yang paling banyak pelanggaran pada Pilkada 2017 yaitu di Kabupaten Pidie dan Kabupaten Bireuen.

“Secara umum, situasi dan kondisi pelaksanaan Pilkada di sebagian besar kabupaten/kota relatif aman terkendali. Hanya saja di beberapa daerah yang memang merupakan daerah basis dan rawan konflik, seperti Pidie dan Bireuen laporan pelanggaran masih dominan terjadi,” ujarnya.

Namun ia bersama Koalisi Pemantau Pilkada Aceh 2017 mendesak, serta mengharapkan kepada Panwaslih Aceh untuk segera menindaklanjuti temuan atas pelanggaran yang terjadi.

“Kami mendesak panwaslih Aceh agar segera menindaklanjuti temuan-temuan pelanggaran yang terjadi serta dapat proaktif dalam melakukan pengawasan lapangan dan tidak sekedar menunggu laporan dari publik,” tambahnya.

“Karena menurut pengalaman, belum pernah ada yang diselesaikan dengan tuntas oleh panwaslih. Maka dari itu kami akan kawal proses ini agar segera ditindaklanjuti,” tutupnya. []

 

Editor: Eko Densa

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya