Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Justin Trudeau: Dunia Akan Lebih Kuat Jika Uni Eropa Kuat

HARIANACEH.co.id, Strasbourg – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan kepada anggota parlemen Eropa bahwa dunia adalah lebih baik ketika Uni Eropa kuat. Ini dikatakannya karena sentimen anti-Brussels melonjak mengikuti Brexit dan kemenangan Donald Trump.

“Seluruh manfaat dunia dari Uni Eropa yang kuat,” katanya dalam pidato kepada Parlemen Eropa, sehari setelah anggota parlemen menyetujui kesepakatan perdagangan bebas antara Uni Eropa dan Kanada, sebagaimana dikutip dari AFP, Jumat 17 Februari 2017.

Dirinya menegaskan jika Eropa yang efektif di panggung global tidak hanya disukai, tetapi juga penting. Trudeau bahkan memuji lembaga dengan 28 negara anggota ini sebagai bentuk kerja sama damai yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Tapi Trudeau, mengatakan bahwa Uni Eropa dan Kanada telah membuat langkah besar untuk memperdalam hubungan. Dan ini dilakukan melalui peningkatan perdagangan yang bebas dan progresif.

Trudeau berbicara tiga hari setelah pertemuan di Washington dengan Presiden AS Trump, yang telah bersumpah untuk merangkul proteksionisme dan menolak penawaran dagang besar dalam rangka melestarikan pekerjaan AS.

“Percakapan aku di Washington dan percakapan aku di sini di Strasbourg berlabuh di hal yang sama. Sebuah pengakuan bahwa pemerintah perlu berbuat lebih baik dalam menciptakan pertumbuhan dan kesempatan bagi semua warga negara kita,” kata Trudeau.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya