HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Acara Besar Biasanya Menggunakan Karpet Merah, Ini Cerita Asal-Usulnya

Ilustrasi karpet merah (Shutterstock)
30

HARIANACEH.co.id – Apa yang ada dipikiran kamu kala mendengar karpet merah? Ya, karpet merah adalah sesuatu yang mewah. Contohnya saja di acara Piala Oscar. Karpet merah adalah tempat bagi bintang-bintang terkenal.

Karpet merah adalah sebuah ikon yang menetapkan sebagai ‘jalur’ para artis dan bukan untuk orang biasa.

Ternyata dari dahulu kala sudah begitu. Karpet merah memang bukan dipakai oleh rakyat jelata. Jalan yang ditutupi karpet merah sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, seperti dilansir BBC Culture, Minggu, (5/3).

Dalam sebuah drama Agamemnon karya Aeschylus (penulis drama Yunani Kuno). Diceritakan istri Raja Clytemnestra mempersiapkan karpet merah untuk suaminya yang pulang dari Perang Troya.

Raja Clytemnestra pun ragu-ragu saat mau menginjak ‘jalan merah’ itu. Karena ia merasa bukan sebagai dewa dan hanya manusia biasa. Tapi akhirnya dia menginjak karpet merah, walau akhirnya merasa bersalah.

Acara Besar Menggunakan Karpet Merah

“Ini menarik, karpet merah telah indentik dengan bintang film yang stasusnya sama dengan raja dan ratu,” kata Sonnet Stanfill, kurator senior di Victoria & Albert Museum.

Awal fenomena itu terjadi pada abad ke-20. Bioskop berevolusi sebagai sebuah istana. Karpet merah yang awalnya untuk raja dan ratu, berubah untuk para bintang film terkenal.

Stanfill mengungkapkan merah sudah sejak dahulu dikenal sebagai warna yang sesuatu yang bergensi.

“Merah adalah warna yang paling berharga dan paling mahal,” ujarnya.[]

Komentar
Sedang Loading...
Memuat