HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kepingin Gunakan WiFi Publik dengan Aman? Ini 10 Tipsnya

17

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Keberadaan Wi-Fi publik selain dimanfaatkan oleh para pengguna internet. Tapi, hati-hati ada juga WiFi yang bisa disalahgunakan oleh peretas untuk mengambil data pribadi.

Nick Savvides, Advokat Keamanan, Unit Bisnis Konsumen Symantec, mengatakan para peretas dapat menyalahgunakan WiFi publik untuk mencuri identitas pribadi. “Dan juga data seperti kata kunci akun untuk kejahatan keuangan,” katanya dikutip Antara, Minggu (5/3).

Savvides memberikan tips berinternet aman dengan WiFi publik sebagai berikut:

1. Jangan meninggalkan telepon genggam atau laptop tanpa pengawasan.

2. Jangan aktifkan jaringan nirkabel di perangkat untuk tersambung ke WiFi terdekat secara otomatis. Pilih tersambung ke hotspot secara manual.

3. Pastikan mengakses jaringan hotspot legal dengan bertanya ke pemilik jaringan (host) untuk mengkonfirmasi nama jaringan dan proses koneksi.

4. Matikan fitur berbagi berkas, file sharing, saat tersambung ke WiFi dan usahakan memakai data pribadi sesedikit mungkin.

5. Jangan melakukan transaksi perbankan atau perdagangan saat menggunakan WiFi publik. Lakukan transaksi itu saat berada di lingkungan yang lebih aman dan terkontrol.

WiFi Publik

6. Jangan berselancar ke situs yang tidak ingin diketahui orang asing bahwa Anda sedang mengaksesnya.

7. Hindari WiFi publik untuk komunikasi yang bersifat penting.

8. Perbarui operating system perangkat secara berkala. Operating system terbaru memakai perlindungan keamanan terkini.

9. Gunakan kata kunci yang berbeda untuk setiap akun.

10. Jangan abaikan pemberitahuan sertifikat saat tersambung ke WiFi publik, terutama bila menunjukkan sambungan tidak aman.

loading...